Pemprov DKI Telusuri Kontak 2 Pekan Terakhir Wagub DKI yang Positif COVID-19

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti memastikan akan melakukan penelusuran kontak dari sejumlah kegiatan yang dihadiri Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria selama dua pekan terakhir.

Hal ini dilakukan setelah Riza yang dinyatakan terinfeksi COVID-19 sejak hari Jumat, 27 November. Penelusuran kontak  menjadi upaya menekan penyebaran virus corona di Jakarta.

"Tentu prinsip tracing perlu, siapa pun yang (positif) kita akan lakukan pendalaman dalam posisi dua minggu terakhir. Yang berinteraksi dengan beliau (Riza), kita lakukan test," ucap Widyastuti di Balai Kota DKI, Senin, 30 November.

Saat ini, Riza sedang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Riza mengaku saat ini dirinya dalam keadaan baik.

“Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat kemarin menunjukkan positif COVID-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali," kata Riza dalam keterangan tertulis.

Menurut Riza, berdasarkan hasil dari contact tracing Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dirinya terkonfirmasi positif COVID-19 karena tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga staf tersebut.

“Jadi, temuan positif COVID-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun,” jelas dia.

Berdasarkan penelusuran VOI, berikut adalah sejumlah kegiatan yang dijalani Riza selama dua pekan terakhir, yakni dari tanggal 14 hingga 27 November:

1. Sabtu, 14 November, Riza mengunjungi Yayasan Daarul Berkah Rahman di Jagakarsa, Jakarta Selatan

2. Minggu, 15 November, Riza mendatangi kegiatan Gerebek Lumpur di Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat

3. Kamis, 19 November 2020, Riza menghadiri acara Mata Najwa di Trans7 sebagai narasumber dari Pemprov DKI

4. Selasa, 17 November, Riza menghadiri program Indonesia Lawyer Club di TV One

5. Kamis, 19 November, Riza mendatangi Kantor Wali Kota Jakarta Selatan

6. Sabtu 21, November, Riza menghadiri bakti sosial IARMI di Pasar Minggu Legend, Jakarta Selatan

7. Minggu, 22 November, Riza menghadiri acara pelantikan pengurus pusat IARMI Shooting and Hunting Club (ISHC) di Lapangan Tembak Perbakin, Senayan, Jakarta Pusat. 

8. Senin, 23 November, Riza memenuhi panggilan polisi di Polda Metro Jaya guna untuk memberikan klarifikasi terhadap kasus pelanggaran protokol kesehatan.

9. Selasa, 24 November,Riza menghadiri acara penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Markas Koopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

10. Rabu, 25 November, Riza menghadiri Forum Group Discussion (FGD) bertajuk "Menyiapkan Masyarakat Jakarta Menghadapi Analog Switch-off 2022" di Gedung Graha Mental Spiritual, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

11. Kamis 26 November, Riza menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. 

12. Jumat, 27 November, Rriza melantik komandan komando resimen mahasiswa (Menwa) muhawarman Jawa Barat di Aula Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat. Lalu, menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD DKI.

Selain sejumlah kegiatan yang disebutkan, Riza juga beberapa kali melayani wawancara para wartawan di Balai Kota DKI. Riza juga menghadiri acara peringatan Maulid Nabi di Tebet pada Jumat, 13 November. Namun, kehadirannya di Tebet lewat dari 14 hari sebelum dirinya dinyatakan positif COVID-19. 

Kadinkes DKI Widyastuti menyebut saat ini pihaknya telah melakukan penelusuran secara umum di Tebet. "Tebet kemaren dilakukan secara rutin. Kita tetap melaksanakan 3T, yakni tracing, testing, dan treatment,” pungkasnya.