Seragam Baru Polantas Bakal Dilengkapi 'Body Camera'

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal memiliki seragam baru yang dilengkapi body camera (bodycam). Pembaruan segaram itu dalam rangka meningkatkan pengawasan ketertiban berlalu lintas.

"Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah saat dikonfirmasi, Selasa, 27 September.

Nantinya, seragam dengan bodycam ini digunakan saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali).

Tujuannya, untuk mengawasi situasi lalu lintas. Bahkan, bodycam tersebut juga bakal terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Sehingga, penindakan para pelanggar akan lebih efisien. Terutama, menghindari kontak langsung petugas dengan para pelanggar.

“Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” kata Nurul.

Korps Lalu Lintas Polri resmi memperbarui pakaian dinas lapangan dan kendaraan dinas operasional polisi lalu lintas.

"Kami melihat perlu ada penyesuaian. Seragam PDL (pakaian dinas lapangan) yang baru ini merupakan modifikasi dari seragam yang dulu,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Beberapa perubahan pada PDL, antara lain atribut yang terbuat dari bordir, memiliki kaitan handy talky (HT) dan bodycam, serta berbahan reflector sehingga bisa terlihat dari jauh dan menarik perhatian.