Pedagang Mengaku Puas dengan Layanan Pembayaran Digital Bank DKI

JAKARTA - Penyewa stan di pojok kuliner Thamrin 10 Food and Creative Park Djulaela Umar (60) mengatakan aplikasi pembayaran digital Bank DKI JakOne Mobile menjadi lebih andal sejak Juli 2022.

"Ini di sini ada QRIS juga, praktis langsung ke (rekening) Bank DKI saya. Tadi kan pakai kartu (Jakcard) bisa, nah ini mau scan pakai Hp juga bisa," kata Djulaela saat ditemui wartawan di Thamrin 10 Food and Creative Park, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 10 September.

Pemilik stan Cheese Box itu menilai permasalahan kecepatan bertransaksi yang muncul sebelum Juli 2022 sudah teratasi sejak ada JakOne Mobile yang baru hingga saat ini.

Djulaela mengatakan masalah yang sempat mengganggu alur kas (cash flow) pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah seperti dirinya, misalnya transfer terlambat masuk ke rekening, sekarang sudah tidak ada lagi.

"Kan kalau telat (masuk transaksi), terhambat karena hari itu jadi enggak bisa belanja," kata Djulaela.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan perusahaan telah mengantisipasi tren transaksi digital yang meningkat karena pandemi COVID-19 dengan membenahi aplikasi JakOne Mobile menjadi lebih andal.

"Karena semua orang bertransaksi pasti pakai mobile (payment) sehingga kami muncul di sana. Kami melayani QRIS, kemudian bersinergi dengan aplikasi lain seperti Ancol dan JAKI," kata Fidri saat menghadiri acara Cash Free Day hari kedua di Thamrin 10 Food and Creative Park, Sabtu.

Kemudian, perusahaan juga menyasar kalangan muda agar segera beralih ke pembayaran digital dengan membuat acara Cash Free Day atau Hari Bebas Uang Tunai dimana semua transaksi di Thamrin 10 difasilitasi dengan aplikasi JakOne Mobile.

Agar generasi penerus tertarik, fitur-fitur di aplikasi pembayaran digital harus disesuaikan segmentasinya dengan anak muda, diantaranya transaksi yang cepat dan mudah.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika bertransaksi di Thamrin 10 karena QRIS Bank DKI yang sudah berizin dari Bank Indonesia dapat digunakan pada aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik Bank maupun non Bank.

"Kalau bertransaksi dengan QRIS, harus hari itu juga masuk, sehingga cepat selesai. Jadi kecepatan tentu diutamakan," kata Fidri.

​​​​​​​Sampai dengan kuartal II 2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742 persen (yoy).

Atas upaya perbaikan yang terus dilakukan, Bank DKI berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya kategori 15 bank terbaik di Indonesia sekaligus masuk dalam jajaran World's Best Banks atau bank terbaik di dunia tahun 2022 versi majalah Forbes. Tidak hanya itu, Bank DKI juga meraih penghargaan Infobank Awards kategori Special Performance Bank, Golden Trophy dan Predikat Kinerja "Sangat Bagus" kategori KBMI 2.

Penghargaan lain seperti TOP BUMD 2022 dari majalah Infobank dan The Asian Post sebagai salah satu BPD berpredikat "Excellent" dan TOP GRC Awards 2022 kategori #4 Stars dan Kategori The Most Commited GRC Leader 2022 juga tidak luput berhasil diraih oleh Bank DKI.

Prestasi di bidang perbankan digital juga berhasil diraih Bank DKI seperti 3rd Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022 untuk kategori Popular Digital Brand kategori E-Moneydan E-Payment dari The Iconomics. Selanjutnya, Indonesia Information Technology Award IV 2022 dari Economic Review.

Penghargaan sebagai Best Digital Banking 2022 Kategori BPD untuk Dimensi Manajemen Risiko juga berhasil diraih Bank DKI dari Majalah Investor.