Pelindo IV Pimpin Teknologi Layanan Kapal di KTI dengan VessP4 PLUS
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) memimpin teknologi layanan kapal di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan mengembangkan sebuah sistem aplikasi berbasis Iinformasi teknologi, VessP4 PLUS.
Kepala Biro Information Technology (IT) PT Pelindo IV, Safrizal di Makassar, Sabtu, mengatakan VessP4 adalah kepanjangan dari Vessel Service System of Pelindo 4 yang digunakan untuk mengelola kegiatan pelayanan kapal di lingkungan Perseroan. Sedangkan PLUS adalah Pelindo 4 Loading dan Unloading System.
“PLUS adalah sebuah sistem aplikasi yang dibuat untuk mengelola kegiatan Pelayanan Bongkar Muat dan Aneka Usaha di lingkungan Pelindo IV,” jelasnya dilansir Antara, Minggu, 1 November.
Menurut dia, sistem aplikasi ini terintegrasi yaitu InaPortnet, VessP4, IBS Pelindo IV dan SAP. Sementara PLUS integrasinya dengan VessP4 dan IBS Pelindo IV.
Baca juga:
Sistem aplikasi ini lanjut Safrizal, dibuat untuk mendukung pengurangan konsumsi kertas dan go green demi menjaga dan melestarikan alam.
Sejauh ini, cabang di wilayah Kalimantan yang sudah menggunakan aplikasi VessP4 yaitu Cabang Samarinda, Tanjung Redeb, Bontang, Strategic Business Unit (SBU) Marine Unit Bontang, SBU Marine Unit Sangkulirang dan SBU Marine Unit Grogot.
Sedang untuk di wilayah Sulawesi yakni Cabang Manado, Kendari, Pantoloan, Gorontalo dan SBU Marine Unit Luwuk. Untuk di wilayah Maluku, yaitu Cabang Ternate dan di wilayah Papua, yakni Cabang Jayapura dan Biak.
“Sedangkan cabang yang telah menggunakan PLUS, yaitu Cabang Pantoloan, Gorontalo dan Cabang Biak,” ujar Safrizal.
Dia mengatakan, dalam sistem aplikasi VessP4 terdapat beberapa fitur di antaranya real time, yakni pencatatan realisasi pelayanan kapal dilakukan secara real time.
Termasuk online user registration yaitu pengguna VessP4 dapat melakukan registrasi di mana saja secara online. “Dan digital dokumen, yaitu digitalisasi dokumen pelayanan dan terarsip secara elektronik,” katanya.
Kabiro IT Pelindo IV menambahkan, VessP4 juga telah dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk petugas pandu, sehingga realisasi pelayanan kapal langsung terkirim ke pengguna jasa sesaat setelah kegiatan pelayanan selesai dilaksanakan.
“Aplikasi ini juga anytime dan anywhere. Artinya, permohonan pelayanan kapal dapat dilakukan kapanpun dan di manapun,” kata Safrizal.
Tak hanya untuk kalangan internal, tetapi VessP4 PLUS ternyata juga menarik minat pihak lain terutama PT Pelindo II (Persero)/IPC untuk mengetahui lebih jauh tentang aplikasi ini.
Tepatnya pada Jumat, 16 Oktober sebanyak 9 orang dari berbagai divisi di IPC yang dipimpin oleh Direktur Keuangan PT Pelindo II, Yon Irawan, melakukan benchmark untuk melihat proses bisnis dan demo sistem aplikasi VessP4 PLUS yang berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar.
Benchmark sendiri adalah sebuah metode peningkatan kinerja secara sistematis dan logis melalui pengukuran dan perbandingan kinerja dan kemudian menggunakannya untuk meningkatkan kinerja.