Cara Mengubah Foto Profil YouTube Tanpa Ribet!

JAKARTA - Tidak banyak dari pengguna YouTube yang mengetahui bagaimana mengubah foto pada akun mereka. Padahal, hal itu adalah salah satu cara termudah bagi orang lain untuk mengidentifikasikan keaslian akun Anda.

Sayangnya, mengubah foto profil di saluran YouTube bisa menjadi proses yang berbelit-belit, dan tidak semudah mengganti tampilan profil di Instagram maupun Facebook.

Nah berikut cara mudah mengubah foto profil YouTube Anda melalui situs web desktop atau aplikasi seluler yang dihimpun dari Business Insider, Selasa 27 Oktober.

Mengubah Foto Profil YouTube di Situs Web

1. Buka youtube.com dan masuk ke akun Anda.

2. Klik akun Anda yang berada di bilah pojok kanan atas, lalu pilih opsi Settings.

3. Lalu klik foto profil Anda yang terletak di tengah layar Your Channel. Nantinya, Anda akan dibawa ke laman Your Channel.

4. Jika sudah terbuka, klik foto profil Anda, dan akan terbuka laman Channel Customization, lalu klik ubah pada foto profil Anda.

5. Selanjutnya, Anda bisa memilih foto profil melalui perangkat yang digunakan (komputer atau laptop).

6. Perlu dicatat, Anda tidak bisa menggunakan gambar yang terlalu besar. YouTube menyarankan ukuran di bawah 4MB. Setelah Anda memilih foto, kemudian sesuaikan sesuka Anda.

7. Terakhir, klik publish di pojok kanan atas. Ingat, kemungkinan saat Anda mengubah foto profil ini memerlukan waktu untuk menampilkannya.

Mengubah Foto Profil YouTube di Aplikasi Ponsel

1. Buka aplikasi YouTube atau YouTube Studio dan ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas layar.

2. Pilih Manage your Google Account. Nantinya, akan membuka pengaturan akun Google Anda.

3. Ketuk foto profil Anda saat ini, yang ada di bagian paling atas layar, pilih Ubah. Klik Set Profile Photo.

4. Pilih foto profil baru Anda, dari kamera ponsel langsung, koleksi foto Google, atau koleksi foto di ponsel.

5. Anda bisa menyesuaikan foto sesuka Anda, lalu simpan. Kemudian, Anda akan melihat tampilan foto profil baru di laman YouTube Anda.

Mengutip Slashgear, YouTube juga meluncurkan pembaruan fitur dan perbaikan sistem, seperti serangkaian opsi navigasi berbasis gerakan yang diperluas dan laman video.

Laman atau chapter video ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian video yang telah diunggah. Pembuat konten juga dapat menerapkan stempel waktu ke video mereka yang memungkinkan pengguna dengan cepat beralih ke bagian tertentu dari video atau mundur untuk menonton ulang bagian penting.

Fitur ini secara otomatis diaktifkan sebagai deretan stempel waktu dan judul, berdasarkan informasi bab yang ditambahkan pembuat konten ke deskripsi videonya, dimulai pada durasi 0:00.

Terakhir, navigasi juga telah diperbarui untuk menyertakan serangkaian kontrol gerakan yang diperluas. Saat ini, Anda sudah dapat mengetuk dua kali di sisi kiri atau kanan video untuk maju cepat atau mundur 10 detik dalam video. Sekarang, Anda dapat menggesek ke atas untuk masuk ke mode layar penuh dan juga menggesek ke bawah untuk keluar dari layar penuh.