Angkutan Lebaran 2022, KAI Sediakan 216.608 Tempat Duduk Setiap Hari

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) disebutkan telah menyediakan 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal perhari sebagai angkutan Lebaran 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan bahwa penetapan masa angkutan lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

“Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA perhari,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Minggu, 3 April.

Menurut Joni, penjualan tiket kereta api pada masa angkutan Lebaran tahun ini dapat diakses di aplikasi resmi PT KAI, website, serta seluruh channel resmi lainnya.

“Saat ini kami menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan. Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya,” tutur dia.

Joni menerangkan pula, perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Dia juga mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan agar rencana perjalanan tidak keliru.

“KAI meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini kami masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” jelas dia.

Sebagai informasi, sampai dengan 31 Maret KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

“KAI akan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik,” pungkasnya.