Apple Bakal Datangkan Suara yang Berbeda Pada Siri di iOS 15.4

JAKARTA - Dalam versi iOS terbaru yang saat ini dalam pengujian, iOS 15.4 Apple akan menghadirkan lebih dari sekadar pesan anti-penguntit AirTag dan pembayaran nirsentuh iPhone langsung. Tetapi opsi suara Siri yang tidak berjenis kelamin untuk penutur bahasa Inggris.

Suara tersebut, yang direkam oleh anggota komunitas LGBTQ, dimaksudkan untuk meningkatkan keragaman asisten Apple.

Hal ini akan memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk suara yang berbicara kepada mereka untuk asisten virtualnya. Tahun lalu, Apple menambahkan dua opsi Siri yang direkam oleh aktor suara Hitam.

"Kami senang memperkenalkan suara Siri baru untuk penutur bahasa Inggris, memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk memilih suara yang berbicara kepada mereka," ungkap Apple kepada Axios yang dikutip dari Engadget, Kamis, 24 Februari.

"Jutaan orang di seluruh dunia bergantung pada Siri setiap hari untuk membantu menyelesaikan sesuatu, jadi kami bekerja untuk membuat pengalaman itu terasa sepersonal mungkin," imbuhnya.

Langkah ini dilakukan kira-kira setahun setelah dorongan besar terakhir Apple untuk membuat Siri lebih inklusif. Pada iOS 14.5, Siri tidak lagi menggunakan suara wanita secara default, pengguna harus memilih lebih dahulu sebelum menggunakannya di awal.

Sayangnya, Apple tidak merinci lebih lanjut terkait suara baru Siri ini, dan belum diketahui apakah atau kapan suara itu akan tersedia dalam bahasa lain.

Apple juga tidak mengatakan kapan iOS 15.4 final akan siap diluncurkan pada pengguna, meskipun perusahaan dilaporkan akan mengadakan acara pada awal Maret yang mungkin akan dimanfaatkan perusahaan untuk merilis perangkat lunak baru.