Dinkes Lampung akan Perkuat Penelusuran dan Tes COVID-19

BANDARLAMPUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyatakan akan memperkuat penelusuran dan tes COVID-19 guna mempercepat penemuan kasus baru COVID-19.

"Penanganan dari hulu hingga hilir akan terus dilakukan, sebab ini jadi kunci menangani kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung dikutip Antara, Kamis, 17 Februari.

Dia mengatakan dengan terus melakukan penelusuran kasus dan tes secara berkala akan menimbulkan banyak kasus terkonfirmasi positif COVID-19 harian.

"Setiap harinya pasti kasus terkonfirmasi positif COVID-19 akan bertambah banyak, hal tersebut tidak menjadi kendala karena memang semakin cepat ditemukan kasus positif semakin cepat dapat di tangani akan mencegah persebaran COVID-19," katanya.

Bagi pasien positif COVID-19 akan segera dilakukan perawatan agar menghindari adanya penurunan keadaan pada pasien.

"Yang terpenting setelah menemukan kasus positif, semua yang memiliki gejala mirip seperti COVID-19 langsung di tes usap antigen dan akan segera dilakukan intervensi agar pasien tidak mengalami keadaan yang fatal," ucapnya.

Menurutnya, penambahan kasus COVID-19 yang ada di daerahnya banyak yang ditemukan merupakan kasus impor dari luar provinsi.

"Karena Lampung ini pintu masuk antara Sumatera dan Jawa, jadi banyak ditemukan kasus COVID-19 disini adalah kasus impor. Jadi untuk masyarakat diminta untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dia melanjutkan, untuk mencegah persebaran COVID-19, bagi yang berkontak erat dengan orang terpapar COVID-19 harus segera melakukan karantina.

"Sudah di persiapkan sejumlah tempat isolasi terpadu yang tengah disiapkan oleh BPBD kabupaten/kota bagi pasien ataupun kontak erat kasus," ucapnya lagi.