Fakta di Balik Menara Saidah yang Penuh Cerita Horor
Foto Menara Saidah (Instagram @mfajarkur)

Bagikan:

JAKARTA - Warga yang tinggal di Jakarta pasti tidak asing dengan sebuah gedung yang berada di pinggir Jalan Letjen M.T. Haryono, yaitu Menara Saidah. Tak hanya bentuknya saja, namun berbagai cerita horor juga sering menjadi perbincangan. Gedung yang sudah dikosongkan sejak tahun 2007 ini seakan memiliki aura mistis tersendiri.

Gedung ini memiliki eksterior Romawi Kuno yang cukup unik. Uniknya lagi, perbincangan tentang kemiringan gedung ini juga tiada habisnya. Perdebatan sering saja terjadi meski pihak dari Menara Saidah sudah mengonfirmasi bahwa gedungnya tidaklah miring. Meski begitu, beberapa warganet menyamakan gedung ini dengan Menara Pisa di Italia yang juga memiliki struktur miring.

Ada yang lebih dikenal orang daripada kemiringan gedung Menara Saidah, yaitu keangkerannya. Salah satu cerita yang tim VOI dapatkan adalah tak jarang ada ojek online (ojol) mendapat pesanan dari menara itu di malam hari. Setiap kali ada ojol yang datang sekitar pukul 11 malam, menunggu dan beberapa kali menelepon di bagian depan, tapi tak kunjung diangkat.

Meski ada banyak kisah horor, namun gedung ini juga sempat dijadikan lokasi shooting film. Film Garapan K2K Production itu dibintangi oleh Anisa Rahma, Ricky Cuaca, dan Iqbal Perdana. Awalnya judul filmnya adalah Menara Saidah, tapi karena terganjal perizinan diubahlah namanya menjadi Menara Stasiun Cawang. Kabarnya ada beberapa hal mistis yang terjadi saat pengambilan gambar untuk film ini, seperti kamera yang jatuh sendiri tiba-tiba hingga adanya salah satu talent yang tiba-tiba menangis.

Lantas, ada apa sebenarnya fakta di balik Menara Saidah? Bagaimana sejarah Menara Saidah? Selengkapnya silakan simak video di atas.