Samsung Resmi Rilis Tablet dengan Spesifikasi <i>Military Grade</i> Galaxy Tab Active 3
Samsung Galaxy Tab Active 3 (Samsung US)

September 2021 lalu Samsung mengumumkan tablet terbarunya. Diberi nama Galaxy Tab Active 3, tablet anyar ini hadir dengan spesifikasi berkelas militer. Artinya, memiliki komponen tangguh, tahan banting, serta daya tahan baterai panjang.

Tablet baru Samsung ini diitujukan untuk mengisi kebutuhan pekerja lapangan yang memiliki mobilitas tinggi dan terbiasa berada di kondisi ekstrem. Oleh karena itu, perusahaan pun menanamkan teknologi yang membuat Tab Active 3 lolos uji sertifikasi IP68 anti air dan debu.

Bahkan, Samsung juga menjelaskan kalo perangkat ini lolos uji simulasi dari 23 jenis kondisi yang berbeda, termasuk kondisi penuh getaran dan ketinggian. Sehingga, perangkat pun memenuhi standar military grade MIL-STD-810.

Tak ketinggalan, Samsung juga membekali tablet teranyarnya ini dengan stylus S Pen yang juga memiliki sertifikat IP68 serta hard-case yang mampu melindungi perangkat sekalipun jatuh pada ketinggian 1,5 meter.

Spesifikasi Galaxy Tab Active 3 (SamsungUS)

Layar sentuh Tab Active 3 didesain agar bisa tetap digunakan meskipun disentuh pakai sarung tangan. Tapi tentu saja jenis sarung tangan yang tidak terlalu tebal. Perangkat ini juga menawarkan tiga tombol nabigasi serta dua tombol tambahan yang bisa diprogram agar bisa menjadi pintasan ke aplikasi tertentu.

Bagian belakang perangkat terdapat satu lensa berkemampuan 13 MP. Sedangkan di bagian depan, perusahaan membekali lensa berkemampuan 5MP. Kamera depan ini sudah dioptimalisasikan agar mampu memindai barcode. Tak ketinggalan, daya tahan yang lebih panjang dijanjikan perusahaan berkat baterai berkapasitas 5.050 mAh.

Saat ini, Galaxy Tab Active 3 sudah tersedia di Amerika Serikat. Di negara Paman Sam, Galaxy Tab Active 3 dijual dalam beberapa pilihan harga. Mulai dari 489 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 6,8 juta dengan memori internal 64GB serta hanya bisa terhubung koneksi internet melalui Wi-Fi saja.

Ada pula varian lain yang memiliki memori internal 128GB untuk varian konesi Wi-Fi yang dijual 509 dolar AS. Sayangnya, varian ini hanya tersedia untuk perusahaan yang menjadi klien Samsung. Varian terakhir mampu terhubung jaringan internet menggunakan koneksi LTE dan dijual dengan harga 589 dolar AS (Rp 8,3 juta).

Kamera belakang Galaxy Tab Active 3 (Samsung US)

Di bagian dapur pacu, Galaxy Tab Active 3 didukung chipset Exynos 9810. Ini adalah jenis chipset yang juga ditanamkan perusahaan pada Galaxy Note 9.  Dikombinasikan dengan RAM 4GB dan memori internal yang bisa ditingkatkan dengan kartu SD.

Tablet terbaru Samsung ini menjalankan sistem operasi Android 10 yang bisa ditingkatkan ke versi OS Android 11. Terakhir, masih ada dukungan mode DeX yang membuat pengguna bis amengoperasikan perangkat melalui desktop.

Sayangnya belum ada keterangan resmi terkait peluncuran produk ini di Indonesia. Dan berdasar penelusuran penulis pada situs TKDN.Kemenperin, Samsung Indonesia belum mendaftarkan sertifikasi untuk tablet Galaxy Tab Active 3.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)