JAKARTA - Penalti Richarlison membawa Tottenham Hotspur mengalahkan AZ Alkmaar 1-0 di pertandingan Liga Europa, Jumat, 25 Oktober 2024 dini hari WIB. Kemenangan dalam laga di kandang sendiri di Stadion Tottenham Hotspur menjadikan klub London Utara itu meraih poin sempurna.

Tottenham tak terbendung di kompetisi Liga Europa. Dari tiga pertandingan pertama yang dilakoni, Tottenham mampu mendulang sembilan poin. Klub Premier League Inggris ini selalu meraih kemenangan sehingga bertengger di peringkat dua klasemen sementara.

Perolehan poin Tottenham sama dengan Lazio, namun mereka kalah selisih gol. Ini menjadikan Lazio yang menang 2-0 atas Twente menduduki puncak klasemen.

Sementara AZ yang baru sekali meraih kemenangan masih tertahan di peringkat 24. Klub Eredivisie Belanda ini mengantungi poin tiga setelah dua kali menelan kekalahan.

Dalam pertandingan itu, Tottenham harus bekerja keras menghadapi pertahanan kokoh AZ. Pada menit-menit awal pertandingan, tuan rumah sesungguhnya sudah mendapat peluang bagus melalui Mikey Moore. Namun sundulan Moore yang menyambut umpan silang ekselen dari Timo Werner masih melebar.

Selanjutnya, giliran Werner yang mendapat peluang mencetak gol. Hanya, tendangan striker pinjaman dari RB Leipzig yang menyambut umpan Lucas Bergvall masih bisa digagalkan kiper Rome-Jayden Owusu-Oduro.

Tottenham mampu menguasai permainan dengan menciptakan sejumlah peluang melalui Werner dan Richarlison. Hanya saja, serangan mereka masih menemui kebuntuan.

Di babak kedua, manajer Ange Postecoglou melakukan pergantian pemain. Werner yang kurang efektif di lini depan ditarik keluar dan digantikan Brennan Johnson. Meski permainan menjadi lebih hidup, namun serangan The Lilywhites masih belum memberi hasil.

Kesabaran pemain Tottenham akhirnya tidak sia-sia saat mendapat hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Bergvall oleh bek Maxim Dekker di menit 53. Wasit pun menunjuk titik putih.

Kapten James Maddison semula hendak mengambil eksekusi. Namun, Richarlison juga menunjukkan keinginan melakukan tendangan penalti. Setelah berdiskusi sejenak, Maddison yang menggantikan Son Heung-min sebagai kapten karena absen kemudian menyerahkan eksekusi kepada pemain Brasil itu.

Richarlison pun menuntaskan eksekusi penalti. Ini menjadi gol pertama Richarlison sejak Mei 2024 karena cedera betis. Gol itu membawa Tottenham meraih tujuh kemenangan dari delapan pertandingan di berbagai kompetisi.

Maddison membeberkan alasan menyerahkan eksekusi penalti kepada rekannya. "Kami sesungguhnya sama-sama ingin mengambil eksekusi itu. Saya sebagai pemain senior dan kapten di pertandingan itu. Jadi, saya yang seharusnya mengambil penalti," kata Maddison seperti dikutip Talk Sport.

"Namun tiba-tiba terlintas dalam pikiran saya mengapa tidak menyerahkannya kepada Richy [Richarlison]. Dia baru kembali bermain setelah pulih dari cedera. Dia mengalami masa sulit. Apalagi, dia seorang striker. Saya pernah mengalami situasi sama tahun lalu. Saya cedera panjang dan butuh waktu untuk bisa mencetak gol pertama saya setelah pulih," ucapnya.

"Lalu ada opsi dengan menyerahkan penalti kepada dia. Lagipula Richy itu penendang penalti yang baik. Dan, dia menjalankan tugasnya. Menurut saya keputusan ini yang terbaik untuk tim," kata Maddison lagi.

Skor 1-0 untuk Tottenham bertahan hingga laga usai. Setelah laga ini, Tottenham menghadapi Crystal Palace di pertandingan Premier League, Minggu, 27 Oktober 2024 malam WIB. Ini untuk kali kedua secara berturut-turut Tottenham melakoni London Derby. Di derby sebelumnya, Tottenham menghajar West Ham United 4-1.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)