JAKARTA - Tottenham Hotspur melakoni Derbi London edisi kedua saat menjamu West Ham United dalam duel di Premier League Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 19 Oktober 2024 malam WIB atau siang hari saat lunch time waktu setempat. Baik Tottenham maupun West Ham berharap memperbaiki rekor London Derby mereka.

Tottenham baru sekali melakoni derby. Bahkan derby mereka lebih spesifik, North London Derby atau Derbi London Utara, dengan menghadapi tetangga sebelah Arsenal. Hasilnya, Tottenham yang bermain di kandang sendiri menelan kekalahan 1-0.

Sebaliknya, West Ham sudah melakoni tiga laga melawan sesama tim London. Termasuk menjamu rival dari London Barat, Chelsea. Pencapaian The Hammers pun kurang memuaskan. Sebelum dibantai Chelsea 3-0, mereka memang berhasil mengalahkan Crystal Palace 2-0. Namun pada derby kedua, West Ham bermain imbang 1-1 melawan Fulham.

West Ham berharap bisa memperbaiki pencapaian mereka saat bertemu dengan rival dari tim ibukota. Apalagi, tim asuhan Julen Lopetegui memiliki modal bagus. Pada laga terakhir sebelum jeda internasional, West Ham sukses menghancurkan tim promosi Ipswich Town.

Hanya, Lopetegui tidak bisa menurunkan skuad terbaik di laga tersebut. Penyerang Niclas Fullkrug masih bergulat dengan cedera tendon yang membuat dia absen membela timnas Jerman di pertandingan Nations League.

Namun pemain depan Michail Antonio bisa diandalkan untuk mendobrak pertahanan Tottenham. Apalagi, Antonio memiliki rekor ciamik setiap kali bertemu lawan dari London Utara ini. Penyerang timnas Jamaika ini sudah enam kali membobol gawang The Lilywhites sehingga dia bakal diwaspadai barisan pertahanan tuan rumah.

Antonio mendapat dukungan penuh dari Mohamed Kudus, Jarrod Bowen dan Lucas Paqueta yang baru saja membela Brasil di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di belakang, eks bek Manchester United Aaron Wan-Bissaka menjadi tumpuan membentengi The Irons dari serangan Tottenham yang mengandalkan Dominic Solanke dan kapten Son Heung-min.

Tottenham berharap bangkit setelah menelan kekalahan 3-2 lawan Brighton and Hove Albion. Di laga tersebut, Tottenham sesungguhnya sudah unggul dua gol lewat Brennan Johnson dan James Maddison. Namun Brighton mampu mengejar ketinggalan dan membalikkan keadaan untuk memenangkan pertandingan.

Manajer Ange Postecoglou optimistis tim bangkit. Hanya, mereka harus waspada karena West Ham bukan lawan enteng. Musim lalu, Tottenham tak bisa mengalahkan rivalnya. Pada laga di Tottenham Hotspur, Desember 2023, tuan rumah unggul lebih dulu, tetapi West Ham mampu mengejar ketinggalan dan menang 2-1.

Tottenham berharap kapten Son sudah pulih dari cedera paha. Son sesungguhnya mendapat panggilan timnas Korea Selatan, tetapi kemudian tidak dimainkan.

Tidak hanya Son, tetapi juga Richarlison terpaksa absen memperkuat Brasil karena belum pulih dari cedera. Meski demikian, Tottenham masih diunggulkan di derby.

Prakiraan Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-3-3)

Vicario; Porro, Romero, Van de Ven, Udogie; Kulusevski, Bentancur, Maddison; Johnson, Solanke, Son

West Ham United (4-2-3-1):

Areola; Wan-Bissaka, Todibo, Kilman, Emerson; Rodriguez, Soucek; Bowen, Paqueta, Kudus; Antonio


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)