JAKARTA - Jerman harus bekerja keras saat menaklukkan tuan rumah Bosnia dan Herzegovina 2-1 di pertandingan Grup 3 League A UEFA Nations League di Stadion Bilino Polje, Zenica, Sabtu, 12 Oktober 2024 dini hari WIB. Gelandang Denis Undav memborong semua gol yang membawa Jerman meraih kemenangan kedua.

Jerman menghadapi lawan yang menolak menyerah. Tampil di kandang sendiri, Bosnia sempat memberi perlawanan ketat terhadap Jerman yang memang tidak turun dengan skuad terbaik.

Meski demikian, Jerman akhirnya mampu mengatasi Bosnia dan meraih kemenangan kedua di Nations League. Hasil tersebut menjadikan Die Mannschaft mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan mengantungi poin tujuh. Tim asuhan Julian Nagelsman mencetak dua kemenangan dan sekali bermain imbang saat ditahan Belanda 2-2.

Sebaliknya, Bosnia menduduki peringkat empat atau paling bawah. Bosnia baru mengumpulkan poin satu karena tak pernah memenangkan pertandingan dan sekali bermain imbang 0-0 melawan Hungaria.

Meski menghadapi lawan yang menghuni dasar klasemen, namun Jerman mengawali pertandingan dengan tidak mudah. Bosnia mampu memberi perlawanan ketat.

Jerman bermain ofensif dengan keunggulan penguasaan bola mencapai 74%. Hanya saja Die Nationalelf yang tidak menurunkan skuad terbaik harus bersabar menunggu terciptanya gol.

Ya, dalam duel itu Nagelsmann memberi kesempatan pemain lapis kedua dan pemain muda. Sebaliknya tidak ada Kai Havertz dan Jamal Musiala dalam daftar susunan pemain.

Sedangkan Nico Schlotterbeck hanya duduk di bench. Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen absen lama karena cedera sehingga sudah tersingkir dari skuad Jerman.

Setelah menunggu selama setengah jam, Jerman akhirnya berhasil membobol gawang Bosnia. Gelandang Deniz Undav memecah kebuntuan setelah menuntaskan assist dari Florian Wirtz di menit 30.

Unggul 1-0, Jerman kian meningkatkan tekanan. Hanya berselang dua menit, striker Tim Kleindienst sempat menambah gol bagi Jerman. Hanya setelah meninjaunya lewat VAR, wasit menganulir gol itu karena Kleindienst dalam posisi offside.

Bosnia juga empat mengancam gawang Jerman. Lewat sebuah serangan balik, Ermedin Demirovic nyaris mencetak gol di menit 34. Namun sepakan dia masih membentur tiang gawang.

Dalam situasi pertandingan dengan intensitas tinggi, Undav berhasil membobol gawang Bosnia untuk kali kedua di menit 36. Pemain VfB Stuttgart ini sukses mencetak brace setelah menyelesaikan assist Maximilian Mittelstaedt.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk Jerman. Tidak ada lagi tambahan gol dan skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Jerman tetap bermain ofensif. Hasilnya, pertandingan baru berjalan tiga menit, Undav kembali mencetak gol. Namun wasit Francois Letexier kemudian meninjau gol itu lewat VAR. Keputusannya tidak ada gol karena Letexier menilai Kleindienst dalam posisi offside. Undav pun gagal mencetak hattrick.

Jerman tidak hanya gagal menambah gol, sebaliknya gawang Alexander Nubel pun kebobolan. Lewat sebuah sepak pojok yang dilakukan Benjamin Tahirovic, striker veteran Edin Dzeko kemudian menyundul yang mengakibatkan bola meluncur deras ke gawang Jerman.

Gol dari Dzeko tercipta di menit 70. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan. Jerman menutup laga dengan kemenangan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)