JAKARTA - Atletico Madrid dipaksa bekerja keras sebelum mengalahkan RB Leipzig 2-1. Kemenangan Atletico ditentukan gol Jose Maria Gimenez di menit terakhir pertandingan Liga Champions di Stadion Civitas Metropolitano, Madrid, Jumat, 20 September 2024 dini hari WIB.

Leipzig yang ditinggalkan Dani Olmo ke Barcelona tetap menjadi lawan sulit bagi Atletico. Meski demikian Atletico sesungguhnya melakukan start dengan permainan ofensif. Lewat duet lini depan Angel Correa dan Antoine Griezmann, Atletico menciptakan sejumlah peluang di menit-menit awal pertandingan.

Hanya, kesalahan yang dilakukan gelandang Rodrigo de Paul membuat Leipzig bisa melakukan serangan balik dan membobol gawang Atletico saat laga baru berjalan empat menit.

Berawal dari kesalahan De Paul yang tidak bisa menguasai bola dengan baik. Striker Benjamin Sesko berhasil merebut bola dari kaki gelandang tim nasional Argentina ini. Dia kemudian langsung berlari cepat melakukan serangan balik dan memberikan bola kepada Lois Openda.

Openda pun melepaskan tendangan ke gawang yang secara gemilang bisa digagalkan lewat satu tangan kiper Jan Oblak. Hanya saja, bola kemudian rebound yang gagal diantisipasi bek Robin Le Normand tetapi dengan cepat dikuasai Sesko. Tak ada hambatan saat sundulan Sesko menjadikan bola meluncur ke gawang yang sudah kosong.

Tertinggal 1-0 tak membuat Atletico kehilangan irama permainan. Tim asuhan Diego Simeone tetap bermain menyerang dan berusaha mengejar ketinggalan gol. Setelah gagal memanfaatkan peluang, Greizmann akhirnya memecah kebuntuan di menit 28.

Berawal dari serangan balik yang kilat dari Correa dan kemudian melepaskan umpan kepada Marcos Llorente. Dari sisi kanan, Llorente melepaskan umpan silang yang dituntaskan lewat tendangan voli Griezmann ke sudut atas gawang. tanpa bisa dijangkau kiper Peter Gulacsi.

Dalam kedudukan imbang 1-1, Atletico meningkatkan tekanan. Hanya serangan tuan rumah lebih sering gagal. Meski demikia, Griezmann kembali mendapat peluang di menit 79. Namun sundulan striker timnas Perancis ini dari jarak dekat bisa digagalkan dengan baik oleh Gulacsi.

Upaya dan kesabaran pemain Atletico akhirnya membuahkan hasil. Saat pertandingan segera usai, Griezmann melepaskan assist yang dituntaskan Gimenez. Sundulan Gimenez pun mengubah skor menjadi 2-1 untuk Atletico. Tak lama kemudian pertandingan berakhir.

"Kami tahu setiap kesalahan yang dilakukan mengakibatkan kami kebobolan. Dan itu yang terjadi. Namun kami cukup matang dan tetap tenang menghadapi situasi seperti itu. Kami berusaha keras untuk mengejar ketinggalan gol," ucap Griezmann.

"Mengawali laga di Liga Champions dengan kemenangan tentu sangat penting. Apalagi ini laga yang sulit dan tidak ada laga yang mudah di setiap pertandingan Liga Champions. Tak peduli siapa lawannya. Jadi kami harus bekerja keras bila ingin mempertahankannya," kata dia lagi.

Griezmann lebih lanjut menuturkan bila Atletico sudah berada di jalur yang tepat. Hanya saja dia mengakui bila ini masih merupakan permulaan dari perjalanan panjang di Liga Champions.

"Kami memiliki kedalaman skuat yang mampu membuat perbedaan. Kami sudah berada di jalur yang tepat. Tetapi ini masih permulaan," ujar Griezmann.

Atletico akan melakoni away di laga kedua Liga Champions dengan menghadapi Benfica pada Oktober 2024. Sedangkan Leipzig kembali tandang untuk bertemu Juventus.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)