Kalahkan Fiorentina, Bologna Buru Atalanta di Zona Liga Champions
Bologna membayangi Atalanta setelah mengalahkan Fiorentina di laga Serie A Italia. (X/@BolognaFC1909en)

JAKARTA - Bologna meraih kemenangan penting 2-0 atas Fiorentina di pertandingan Serie A Italia. Kemenangan dalam duel di Stadion Renato Dell'Ara, Kamis, 15 Februri 2024 dini hari WIB menjadikan Bologna memburu Atalanta yang berada di zona Liga Champions.

Persaingan memperebutkan peringkat di empat besar Serie A Italia kian ketat. Juventus yang menelan kekalahan 1-0 dari Udinese mendapat ancaman dari AC Milan.

Saat ini, Juve masih bertahan di peringkat dua dengan poin 53. Namun, Milan yang menempati posisi tiga hanya tertinggal satu poin.

Atalanta yang berada di peringkat empat pun belum aman. Bologna berhasil membayangi Atalanta setelah mengalahkan Fiorentina. Kemenangan itu menjadikan Bologna mengantungi poin 42.

Sama dengan Atalanta, tetapi Bologna masih kalah selisih gol sehingga masih tertahan di peringkat lima.

Bila Atalanta kehilangan poin, maka Bologna siap-siap melengserkannya dari zona Liga Champions. Selain itu, mereka tak bisa mengabaikan AS Roma yang menempati posisi enam. Dengan memiliki poin 38, Roma tetap berpeluang menembus empat besar.

Sementara, Fiorentina gagal memperbaiki posisinya setelah menelan kekalahan di laga tandang. Mereka masih tertahan di peringkat delapan dengan poin 37. Sama dengan Lazio, namun Fiorentina kalah selisih gol.

Laga Bologna melawan Fiorentina seharusnya digelar pada Januari lalu. Hanya saja laga ditunda karena Fiorentina melakoni pertarungan Supercoppa Italiana yang digelar di Arab Saudi.

Kedua tim juga pernah bertemu di perempat final Coppa Italia pada 9 Januari 2024. Hasilnya Fiorentina menang adu penalti dan lolos ke semifinal.

Namun di laga kali ini, Bologna yang berhasil mengalahkan Fiorentina. Di laga itu, Bologna langsung menekan pertahanan La Viola.

Striker Joshua Zirkzee sudah mengancam saat mendapat peluang bagus di menit ke delapan. Namun upaya pemain asal Belanda ini masih gagal.

Hanya dua menit berselang, upaya Bologna akhirnya membuahkan hasil. Kali ini pemain sayap Riccardo Orsolini tidak melakukan kesalahan sat membobol gawang Fiorentina.

Berawal dari umpan silang Lewis Ferguson, dirinya sempat menaklukkan bek Cristiano Biraghi sebelum melepaskan tendangan yang gagal diselamatkan kiper Pietro Terracciano.

Unggul 1-0, I Rossoblu kian bersemangat meladeni Fiorentina. Apalagi mereka kemudian berhasil menambah gol di menit 36. Orsolini kembali membobol gawang lawan setelah menyambut umpan silang Stefan Posch.

Hanya saja, go itu kemudian dianulir wasit setelah meninjaunya lewat VAR. Posch dinyatakan offside sebelum melepaskan umpan kepada Orsolini. Skor tetap 1-0 untuk Bologna dan bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Bologna tak menurunkan tempo permainan. Namun Fiorentina juga berhasil mengembangkan permainan. Ini menjadikan laga makin menarik karena kedua tim saling serang.

Bologna tercatat memiliki dua peluang melalui Lewis Ferguson dan Sam Beukema. Namun sundulan Ferguson yang menyambut bola silang Orsolini masih membentur tiang gawang. Begitu pula peluang Beukema juga gagal karena bola masih melambung.

Fiorentina sendiri bukannya tanpa peluang. Tendangan bebas Biraghi nyaris membobol gawang I Veltri bila tidak digagalkan kiper Federico Ravaglia. Selanjutnya, M’Bala Nzola juga membuang dua peluang bagus.

Bologna akhirnya memantapkan keunggulan saat Jens Odgaard mencetak gol di injury time. Gol tercipta lewat serangan balik yang diakhiri dengan umpan silang Charalampos Lykogiannis ke depan gawang Fiorentina.

Peluang itu disambut oleh Odgaard yang menuntaskannya lewat sepakan kaki kanan. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Bologna dan bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)