YOGYAKARTA - Pasangan calon Wali Kota Yogyakarta yang diusung Partai Golkar, Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo, kian solid. Pasalnya koalisi partai politik pengusung paslon itu terus bertambah. Kini ada empat parpol yang turut mendukung paslon tersebut.

Dukunga kepada pasangan Afnan-Singgih terus bertambah. Meski koalisi partai pengusung masing-masing calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta sudah terbentuk dan terdaftar di KPU Kota Yogyakarta, namun mereka tetap terbuka dan menerima dukungan dari partai lain.

Ada empat partai yang menyatakan dukungannya terhadap mereka, yaitu Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Perindo dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Bergabungnya empat partai itu menjadikan koalisi kian gemuk tetap solid. Pasalnya paslon Afnan-Singgih sudah mendapat dukungan dari Partai Golkar, Gerindra, PKS, PPP, PKB, Partai Umat, PSI dan Partai Buruh.

Ketua partai koalisi pengusung Afnan-Singgih yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kota Yogyakarta Agus Mulyono menuturkan dukungan dari empat partai ini semakin menambah kekuatan koalisi memenangkan Afnan-Singgih di Pilkada Kota Yogyakarta 2024.

"Iya benar [bergabung]. Itu hak dari beliau-beliau. Kami tak ada masalah dan memberi apresiasi. Proses politik ya seperti itu tidak bisa dipaksa-paksa. Alhamdulillah diusung oleh 8 partai politik, dan sekarang tambah 4 partai lagi," ujar Agus pada perayaan HUT ke-60 Partai Golkar yang diselenggarakan Partai Golkar Kota Yogyakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Lebih lanjut, Agus, mengatakan, jumlah dukungan dari partai akan terus bertambah. Koalisi pun terbuka dengan dukungan tersebut. "Insyaallah dalam waktu dekat ada yang bergabung lagi," kata dia menegaskan.

Hanya keempat parpol yang baru bergabung itu tak bisa masuk koalisi seperti yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini yang menjadikan mereka berstatus sebagai relawan.

"Saat pendaftaran paslon Afnan-Singgih di KPU Kota Yogyakarta, keempat parpol ini belum masuk dan tercatat. Jadi kami menyebutnya sebagai relawan. Jadi mereka Relawan Garuda, Relawan Hanura, Relawan PKN dan Relawan Perindo," kata Agus.

Sementara, Afnan Hadikusumo yang menghadiri acara mengucapkan selamat HUT ke-60 Partai Golkar. Cucu salah satu pendiri Muhammadiyah, Ki Hadikusumo, menyampaikan rasa terima kasih kepada Partai Golkar Kota Yogyakarta yang selama ini telah mendukung penuh pencalonan walikota. Menurut dia dukungan dari kelompok relawan juga terus berdatangan dan menyatakan bergabung mendukung Afnan-Singgih.

Afnan mengatakan bila mendapat amanah sebagai Wali Kota Yogyakarta, dirinya tetap berharap dukungan dari masyarakat terutama partai koalisi pengusung. Pasalnya perlu kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan masyarakat Kota Yogyakarta yang semakin bersih, maju, sejahtera dan berbudaya.

"Kami tidak bisa bekerja sendirian tapi bekerja sama. Eksekutif dan legislatif harus berkolaborasi. Setelah Pilkada, partai koalisi harus terus berkolaborasi, jangan goyah," kata Afnan.

Sementara, Sekretaris DPC Partai Golkar R. Candra Akbar Ishmata menuturkan bila peringatan HUT ke-60 Partai Golkar diisi dengan sosialisasi paslon Afnan-Singgih dan dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

"Acara diikuti ratusan relawan yang dibentuk oleh para anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Kota Yogyakarta. Sebelumnya diadakan kegiatan Jumat Berkah dan aksi tebus murah sembako di 14 kemantren se Kota Yogya," kata Candra yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Yogyakarta.

Candra juga mengucapkan terima kasih karena mereka yang mengikuti pawai bisa mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka juga tidak menggunakan sepeda motor brombongan atau knalpot terbuka yang lebih sering mengganggu dan memunculkan polusi suara.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)