JAKARTA - Usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR-MPR RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka langsung berangkat menuju Istana Presiden, Jakarta Pusat, pada Minggu, 20 Oktober 2024. Prabowo-Gibran menuju Istana Presiden melewati Jalan Sudirman hingga Thamrin.

Di sepanjang jalan, perjalanan Prabowo dan Gibran disambut antusias oleh masyarakat yang berdiri di jalanan. Salah satu yang mencuri perhatian adalah kehadiran Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di kawasan Thamrin, tepatnya di depan Kedutaan Besar Jepang.

Para anggota IPSI yang hadir dari beberapa perguruan silat yang ada di Jakarta. Mereka hadir kompak dengan mengenakan seragam perguruan masing-masing, mulai dari hijau, hitam, hingga abu-abu.

Salah satu anggota dari Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Jakarta Timur, Anugerah Indra Gunawan mengatakan bahwa mereka hadir karena diundang oleh IPSI Jakarta. Seperti diketahui, Prabowo Subianto merupakan Ketua Umum IPSI.

“Kita dapat undangan dari IPSI DKI Jakarta untuk meramaikan pelantikan presiden. Kita beramai-ramai atas undangan tersebut, perguruan ASAD dan perguruan lainnya banyak banget yang datang. Ada yang baju putih juga, abu-abu, kita perguruan se-DKI kumpul di sini atas undangan IPSI,” ungkap Anugerah saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2024.

Anugerah mengatakan bahwa anggota yang hadir cukup banyak, karena memang tidak diberi batasan. Kehadiran mereka merupakan suatu bentuk apresiasi atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

“(Anggota) sebanyak mungkin menghadiri undangan (dari IPSI) tersebut. Ini apresiasi kami atas Ketua Umum pak Prabowo,” tuturnya.

Dengan jabatan baru Prabowo Subianto sebagai presiden, diharapkan akan semakin memerhatikan olahraga silat Indonesia ke depannya. Ia berharap pesilat Indonesia bisa berlaga di Olimpiade seperti yang sudah dicanangkan sebelumnya oleh Prabowo Subianto.

“Harapannya khususnya di bidang silat di internasional tentunya semoga silat bisa ke olimpiade, seperti yang sudah dicanangkan. Program sebelumnya pak Prabowo sudah lama di IPSI semua berjalan dan berprestasi. Harapannya tentu pokoknya Olimpiade sebagai puncaknya ya, bisa masuk Olimpiade,” pungkas Anugerah.

Sementara itu, pada perjalanan menuju Istana Presiden, Prabowo dan Gibran menggunakan mobil yang berbeda. Keduanya menyapa seluruh masyarakat yang berdiri di jalanan menantikan kedatangan mereka


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)