Pilot dan Kru Helikopter Hilang yang Lambaikan Kain Merah Berhasil Diselamatkan
Evakuasi pilot dan kru heli hilang (DOK. Polda Papua)

JAKARTA - Pilot dan kru helikopter yang ditemukan di cekungan sungai di Kabupaten Painai, Papua, berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Ketiga orang ini dievakuasi usai helikopter mendarat darurat setelah dinyatakan hilang kontak.

“Korban insiden helikopter PK USS milik PT NUH di Kali Degeuwo, Kabupaten Painai tiba dengan keadaan selamat,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 September.

Evakuasi ketiga orang dalam helikopter itu dilakukan pagi tadi. Ketiganya langsung dibawa ke Nabire. Proses evakuasi dilakukan menggunakan helikopter bantuan PT Freeport Indonesia.

Pertama, tim gabungan mengevakuasi dua orang yakni Endi Nawalaga dan Erik Kurniawan. Kedua orang ni diangkat dengan tali khusus di lokasi pendaratan helikopter.

“Pukul 10.30 WIT (tim) mengevakuasi satu kru bernama M Aswar Jamal. Korban kemudian dievakuasi menuju RSUD Nabire,” kata Kamal.

Helikopter sebelumnya hilang kontak pada pukul 10.30 WIT, Kamis, 17 September. Saat itu helikopter terbang menuju 99 Kampung Ndeotadi, Kabupaten Paniai, dengan membawa bahan makanan. Keesokan harinya, helikopter ditemukan di cekungan sungai dengan kondisi hutan pegunungan yang lebat. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)