MOSCOW - Seluruh dunia sedang berlomba-lomba membuat vaksin untuk mematikan Covid-19. Presiden Vladimir Putin mengklaim, Rusia berhasil menjadi pemenang membuat vaksin. Vaksin buatan Rusia itu diberi nama Sputnik V.

Sputnik V, nama yang disematkan untuk vaksin itu, punya arti besar bagi Rusia saat masih menjadi Uni Soviet. Sputnik adalah satelit buatan pertama Uni Soviet yang diorbitkan pada 4 Oktober 1957 silam. Sputnik diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, di RSS Kazakhstan. Peluncuran Sputnik menjadi salah satu poin penting dari Perang Dingin. Sputnik mengejutkan dunia Barat, dan menyebabkan Amerika Serikat memulai perlombaan mengusai Antariksa dengan Uni Soviet.

"Pagi ini, untuk pertama kalinya di dunia, vaksin untuk melawan Covid-19 telah didaftarkan," kata Putin seperti dikutip dari South China Morning Post, 12 Agustus.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)