Rambut Mudah Rontok? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Rambut Rontok (Elements Digital/Pexels)

JAKARTA – Apakah rambut Anda mudah rontok? Jika ya, hati-hati. Kondisi ini secara perlahan dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan karena lepasnya rambut secara berlebihan.

Sebuah studi mengemukakan bahwa normalnya rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berakibat pada kerontokan rambut.

Dikutip dari Only My Health, berikut ini mungkin jadi penyebab rontoknya rambut Anda:

Kekurangan protein dan zat besi

Asupan protein terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu, kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan sehingga tubuh menjadi lemah dan kulit menjadi pucat.

Anda juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, susah konsentrasi, termasuk juga mengalami kerontokan rambut.

Rambut rusak karena produk

Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut menjadi penyebab rambut rusak, lalu rontok.

Tanpa disadari, kurang tepat memilih shampoo dapat menjadi salah satu faktor penyebab kulit kepala tidak sehat dan memicu kerontokan rambut.

Oleh karena itu, penting memilih shampo dengan formula tepat untuk menutrisi rambut serta  kulit kepala secara menyeluruh.

Stres

Stres juga bisa menyebabkan rambut rontok pada wanita maupun pria. Dalam medis, masalah seperti ini dikenal dengan istilah telogen effluvium. Seorang penderita telogen effluvium umumnya menyadari kerontokan rambut sekitar enam minggu hingga tiga bulan setelah pengalaman stres berat.

Perawatan rambut berlebih

Karena memiliki rambut rontok, beberapa orang biasa mencegahnya dengan melakukan berbagai perawatan rambut rontok. Namun perawatan rambut berlebih justru dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Misalnya menyisir rambut terlalu kuat, keramas terlalu sering, serta dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner ekstra kuat.

Rambut rontok memang bisa ditangani dengan penanganan medis, namun Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok seperti dikutip dari laman Healthline:

Lidah buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk merawat rambut rontok. Fungsinya menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe, dan membuka folikel rambut yang tersumbat minyak berlebih.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya mengandung asam lemak yang bisa menembus dan menjaga kandungan protein pada rambut. Ini bisa digunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut.

Untuk rambut berminyak, disarankan menggunakan pada malam hari. Jika rambut kering, bisa digunakan sebagai perawatan harian.

Lemon

Jus lemon atau minyak lemon dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, oleskan pada kulit kepala sekaligus rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu keramas rambut. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon sebagai masker rambut.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)