Cara Mengetahui Kualitas Hotel yang Buruk Melalui Situs Online
Ilustrasi Kamar Hotel (Pixabay/Pexels)

JAKARTA – Di era pandemi Covid-19, staycation menjadi salah satu tren liburan yang sedang diminati. Staycation di hotel kerap dipilih karena menawarkan suasana baru di luar rumah tapi masih tergolong aman.

Namun satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum staycation di hotel yaitu menentukan kualitas hotel baik dari sisi pelayanan maupun fasilitas. Jika salah pilih, bukannya untung justru petaka dapat Anda rasakan.

Agar kejadian ini tidak terjadi, mari kenali tanda-tanda hotel buruk yang bisa Anda perhatikan lewat situs pemesanan online.

Foto terlalu artsy atau tidak normal

Foto sebuah hotel harusnya menunjukkan keadaan sebenarnya. Ingat, Anda sedang melihat galeri foto hotel, bukan pameran seni. Bila tampilan foto adalah vas bunga di lobi hotel ketimbang lobi hotelnya, atau memajang foto langit, skyline, cityscape, dan pantai di dekat hotel, sebaiknya pikir ulang untuk memesan kamar di sini.

Foto-foto hasil tangkapan kamera lensa lebar (fisheye lens) juga menandakan bahwa kondisi ruangan sebenarnya sempit atau kecil. Jika dalam keterangan kamar disebut “kamar yang luas”, bisa jadi ini trik hotel untuk mengelabui calon tamu.

Foto terlalu cantik

Foto-foto dengan tampilan gambar nyaris sempurna juga patut diperhatikan. Bisa saja pengelola hotel menggunakan Photoshop untuk menarik tamu. Pemandangan balkon ke jalanan dengan langit atau laut biru? Belum lagi ditambah dengan model wanita berbikini yang berpose sendirian? Semua ini adalah red flag. Jangan-jangan di sekitar hotel sedang berlangsung pembangunan gedung atau bisa jadi jendela kamar malah menghadap ke dinding milik bangunan sebelah.

Situs hotel tidak update

Biasanya selain menampilkan foto-foto hotel, situs pemesanan hotel juga menaruh link situs resmi dari hotel. Buka dan lihat tampilan dari situs tersebut. Jika desainnya kuno dan isinya tidak diperbarui, ini sebuah peringatan. Pemilik atau manajer hotel yang baik tentu ingin mempresentasikan hotelnya dengan baik, kan?

Cari tahu lewat Google Maps

Untuk melihat kondisi eksterior hotel tempat Anda menginap, bukalah Google Maps. Melalui Google Street View, Anda bisa melihat tampilan luar hotel tersebut. Anda juga bisa mengecek apakah hotel tersebut berada di pusat kota atau memiliki easy access ke berbagai tempat menarik sesuai yang dijanjikan pada website. Anda harus waspada karena hotel-hotel buruk selalu menggunakan alasan lokasi bagus di dalam deskripsinya.

Ulasan negatif

Sempatkan waktu untuk membaca review dari tamu-tamu hotel sebelumnya. Jika kebanyakan bernada negatif dan baru ditulis minggu lalu sebaiknya jangan pesan kamar di hotel tersebut. Kepuasan pelanggan atau tamu adalah terpenting, bukan?

Baca respon dari manajer

Jika ulasan-ulasan tersebut direspons oleh pihak hotel dengan kasar atau tertulis tidak ‘mengindahkan’ ulasan dari para tamu, bisa dipastikan orang-orang di balik hotel ini juga negatif dan tidak membantu. Hindari hotel dengan kriteria seperti ini.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)