Jack Ma Muncul Kembali, Sang Miliarder Sedang Video Call Bersama 100 Guru Desa
Jack Ma sedang melakukan video call bersama guru desa (Shanghai Daily)

Beberapa waktu lalu, Jack Ma dikabarkan menghilang dalam 3 bulan terakhir. Berbagai spekulasi bermunculan terkait hilangnya sang miliarder.

Baru-baru ini, sebagaimana yang dilaporkan TechCrunch, bos Alibaba itu kembali muncul saat ia berbicara di hadapan 100 guru dari pedesaan melalui video call. Inilah kemunculan pertamanya sejak Oktober.

Dalam beberapa bulan, saham perusahaan e-commerce milik Jack Ma mengalami kenaikan lebih dari 8 persen.

Rekaman panggilan video itu diposting pertama kali di portal berita yang mendapat dukungan pemerintah Zhejiang, provinsi bagian timur tempat Alibababa bermarkas. Video tersebut telah diverifikasi oleh juru bicara Alibaba.

Berbagai rumor beredar terkait keberadaan Ma pada Desember lalu setelah media melaporkan bahwa sang miliarder tersebut menghilang setelah batal mengisi acara program TV buatannya.

Ma kerap menjadi pusat perhatian media karena perjalanan karirnya yang menginspirasi banyak orang. Ia sudah menyadari kerajaan bisnisnya, Alibaba dan Ant Group, telah diawasi otoritas China dalam beberapa bulan terakhir.

Terakhir kali Jack Ma muncul di depan publik adalah ketika ia menghadiri sebuah konferensi dan mengecam sistem regulasi keuangan China di hadapan para pejabat tinggi.

Menurut laporan, penyataan kontroversial yang dilontarkan Jack Ma tersebut membuat regulator China menghentikan penawaran Ant Group. Padahal, raksasa fintech ini digadang-gadang akan menjadi penjualan saham publik terbesar sepanjang sejarah.

另请阅读:


Sejak saat itu, Ant Group melakukan restrukturisasi perusahaan dan dituntut mematuhi kebijakan pemerintah. Alibaba juga menjadi sorotan ketika regulator pasar membuka penyelidikan atas dugaan praktik monopoli.

“Saat ini, Alibaba dan pesaingnya, Tencent, mengontrol lebih banyak data pribadi dan teribat secara intim dalam kehidupan sehari-hari di China ketimbang Google, Facebook, dan raksasa teknologi Amerika lainnya,” tulis Li Yuan sebagaimana dilansir dari New York Times.

"Anda tidak harus menjadi anggota Partai Komunis untuk mengetahui alasan untuk mengekang mereka," tambahnya.

Dalam cuplikan video berdurasi 50 detik itu, Ma terlihat sedang berbicara langsung ke kamera dan di balik punggungnya terdapat lukisan dekoratif yang menggambarkan kota air khas Zhejiang. Di samping Jack Ma terdapat sebuah buku sejarah seni dalam tumpukan buku.

Jack Ma berbicara kepada 100 guru yang menerima Penghargaan Guru Pedesaan Jack Ma. Penghargaan yang dibuat oleh Yayasan Jack Ma ini ditujukan untuk mencaritahu para guru berprestasi di pedesaan.  

“Upacara penghargaan dilakukan secara online tahun ini, akibat pandemi,” ujar Jack Ma kepada penerima penghargaan.

Taipan asal China ini mengawali karirnya sebagai guru bahasa Inggris di Hangzhou, dia menjuluki dirinya sendiri sebagai “duta guru desa”.

 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)