Penembak Massal di Sekolah Menengah Florida yang Tewaskan 17 Orang Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup
Ilustrasi. (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

JAKARTA - Pelaku penembakan massal di sebuah sekolah menengah Florida yang menewaskan 17 siswa dan staf, Nikolas Cruz, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Hari Rabu.

Hukuman dijatuhkan setelah kesaksian selama berjam-jam yang disampaikan oleh para penyintas dan kerabat korban.

Seorang juri memilih bulan lalu untuk membebaskan Cruz (24) dari hukuman mati, alih-alih memilih penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat, untuk salah satu penembakan massal paling mematikan dalam sejarah AS.

Cruz mengaku bersalah tahun lalu atas pembunuhan berencana, terkait penembakan pada 14 Februari 2018, kemudian menghadapi persidangan hukuman tiga bulan awal tahun ini.

Hakim Wilayah Broward Elizabeth Scherer, menyetujui permintaan penuntutan untuk terlebih dahulu mengizinkan kerabat korban Cruz, untuk berbicara di pengadilan sebelum hukuman dijatuhkan.

Proses hukuman dimulai pada Hari Selasa dengan pernyataan dampak korban.

Banyak kerabat korban mengecam keputusan juri dan mengkritik persyaratan undang-undang negara bagian, bahwa semua 12 juri sepakat untuk menghukum orang yang dihukum untuk dieksekusi.

"Seberapa jauh lebih buruk kejahatan itu untuk menjamin hukuman mati?" kata Annika Dworet, ibu dari korban berusia 17 tahun, Nicholas Dworet, melansir Reuters 3 November.

Beberapa kerabat juga mencaci pengacara pembela Cruz, yang dengan sia-sia keberatan dengan hakim tentang kritik terhadap mereka dan juri pada Hari Selasa, mencatat bahwa Cruz memiliki hak konstitusional untuk perwakilan hukum.

Banyak kerabat korban secara langsung berbicara kepada Cruz, yang duduk tak terlihat di balik kacamata besar dan masker COVID-19 di meja bersama para pembela umum, mengenakan terusan penjara merah dan borgol. Dia melepas maskernya ketika ibu dari salah satu korbannya mengatakan kepadanya, bahwa memakai masker itu tidak sopan

Anne Ramsay, ibu dari Helena Ramsay yang berusia 17 tahun, mengatakan kepadanya bahwa dia "jahat"; Inez Hixon menyebutnya "teroris domestik" karena membunuh ayah mertuanya, direktur atletik sekolah Chris Hixon.

Diketahui, Cruz berusia 19 tahun pada saat serangannya di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, sekitar 50 km sebelah utara gedung pengadilan di Fort Lauderdale. Dia telah dikeluarkan dari sekolah.

Beberapa dari mereka yang selamat melanjutkan untuk mengorganisir, gerakan yang dipimpin oleh pemuda untuk peraturan senjata yang lebih ketat di Amerika Serikat, yang memiliki tingkat kepemilikan senjata pribadi tertinggi di dunia, dengan penembakan massal telah berulang.

Cruz hanya berbicara singkat di persidangan, menjawab pertanyaan hakim tentang apakah dia memahami prosesnya.

Samantha Fuentes, yang ditembak Cruz di kaki, bertanya kepada Cruz apakah dia ingat melakukan kontak mata dengannya ketika dia terbaring berdarah di ruang kelasnya.

"Kamu adalah fanatik yang penuh kebencian dengan AR-15 dan kompleks dewa," katanya.

"Tanpa pistol bodohmu, kamu bukan apa-apa," tegasnya.

Adapun Victoria Gonzalez, yang pacarnya Joaquin Oliver (17) termasuk di antara mereka yang terbunuh oleh Cruz, memberi tahu bahwa mereka berada di kelas yang sama bersama.

"Saya minta maaf karena Anda tidak pernah melihat cinta yang bisa diberikan dunia," sebutnya kepada Cruz.

"Keadilan saya tidak terletak pada mengetahui apakah Anda hidup atau jika Anda mati. Keadilan saya hidup dengan mengetahui, saya mengalami cinta yang banyak orang jalani seumur hidup mereka tanpa mengalaminya," tukasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)