Chelsea, MU dan PSG Buru De Jong yang Dilepas Barcelona

JAKARTA - Barcelona akhirnya melepas gelandang Frenkie de Jong. Dia pun menjadi buruan Chelsea Manchester United dan Paris Saint-Germain.

Barca sudah memberi sinyal bakal melepas De Jong bila menolak menandatangani kontrak baru. Seperti sudah diperkirakan, De Jong keberatan meski mendapat kontrak panjang sampai 2029. Klub sudah merasa bakal sulit mencapai keepakatan.

Pasalnya gaji dia mengalami penurunan. Pemain tim nasional Belanda ini pun menyatakan 'terbuka untuk meninggalkan klub'.

Klub pun memberi respons sama dengan siap menjual pemain berusia 26 ini. Apalagi De Jong dinilai gagal memenuhi ekspetasi setelah dibeli dengan harga mahal 80 juta euro dari Ajax Amsterdam pada 2019.

Performa pemain yang turut mengantarkan Barca memenangi titel La Liga Spanyol 2023 ini memang tidak buruk, tetapi dirinya juga kurang bersinar. Dengan performa biasa-biasa aja, namun dia mendapat gaji paling tinggi di klub, yaitu sebesar 24,8 juta euro per tahun.

Bila menjual pemain yang bisa bermain sebagai gelandang serang maupun bertahan dan bahkan bek tengah ini, setidaknya klub bisa kembali membenahi struktur gaji pemain.

Dengan dilepasnya De Jong, maka sejumlah klub berharap bisa menggaetnya. Termasuk MU yang memang sudah lama mengincar De Jong. Apalagi kini MU ditangani Erik ten Hag, eks pelatih Ajax yang pernah mengasuh De Jong.

Sebelumnya, MU sudah pernah menawar pemain tersebut dengan harga 100 juta euro pada 2022. Barca menolak tawaran itu.

Namun kabar sesungguhnya De Jong yang menolak karena tak ingin meninggalkan Barca.

Dirinya memang masih berharap bisa meraih trofi Liga Champions di Barca. Namun harapan De Jong tak pernah kesampaian.

Barca pun diperkirakan tak sulit mencari pembeli. MU sudah pasti bakal kembali mengajukan penawaran.

Namun The Red Devils bersaing dengan Chelsea yang tidak kalah ngebet. Meski sudah memiliki banyak gelandang berharga mahal, namun Chelsea seperti masih merasa kurang.

Tidak hanya Chelsea dan MU, tetapi PSG pun menyatakan ketertarikannya. Namun belum ada langkah konkret dari PSG untuk mengajukan penawaran pembelian De Jong.