Daftar Aplikasi Android yang Bikin Ponselmu Makin Lambat, Cek dan Segera <i>Uninstall</i>
Daftar aplikasi Android yang bikin ponsel lambat (AndroidPIT)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Semua pengguna smartphone pasti tidak suka menggunakan ponsel yang performanya lambat. Baik karena koneksi internet yang buruk, atau aplikasi yang dibuka berjalan lambat. Bisa mengesalkan dan bikin jengkel, bukan?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya performa ponsel. Sebelumnya, penulis sudah menjelaskan beberapa. Seperti kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang penuh serta terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Akan tetapi, apa saja aplikasi yang bertanggung jawab terhadap melambatnya kinerja perangkat? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar aplikasi yang baiknya Anda hapus jika performa smartphone semakin lambat.

Aplikasi Bloatware atau Aplikasi Bawaan

Saat Anda pertama kali menghidupkan ponsel setelah beli, biasanya Anda akan menemukan sejumlah aplikasi yang sudah terpasang. Pada beberapa versi UI kustom, bahkan jumlahnya bisa mencapai puluhan!

Aplikasi ini disebut sebagai aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan. Penyebutannya ini berasal dari penilaian banyak pengguna yang merasa bahwa aplikasi-aplikasi tersebut tidak memiliki banyak fungsi. Bahkan, ada beberapa jenis aplikasi bloatware yang mungkin tak akan pernah digunakan seseorang.

Sayangnya, aplikasi ini tidak mudah untuk dihapus. Bahkan sebagian besar aplikasi tetap bertahan. Padahal, mencopot pemasangan jenis aplikasi ini bisa melegakan kinerja RAM. Sehingga membuat perangkat bekerja lebih kencang.

Aplikasi Media Sosial

Meskipun aplikasi media sosial merupakan salah satu yang paling sering digunakan, acapkali jenis ini malah memberi beban yang paling besar. Snapchat dikenal yang paling buruk, karena layanannya berjalan tiada henti di latar belakang dan selalu mengirimkan data untuk pembaruan lokasi perangkat.

Sementara itu, Facebook juga tak kalah berat. Aplikasi media sosial ini malah memiliki sejumlah layanan yang berjalan di latar belakang. Tak hanya Facebook saja, sejumlah platform bikinan perusahaan juga memiliki karakteristik serupa! Seperti Messanger, WhatsApp, hingga Instagram.

Jadi, sebaiknya mulai pertimbangkan jenis aplikasi media sosial apa yang ingin Anda pasang. Misal Anda jarang membuka Facebook, pertimbangkan untuk mengaksesnya lewat aplikasi browser -ketimbang aplikasi milik Facebook sendiri.

Aplikasi Pembersih dan Meningkatkan Performa HP Android

Jenis aplikasi yang ketiga yakni aplikasi pembersih atau aplikasi meningkatkan performa HP Android. Mungkin terlihat ironis. Tapi, begitulah faktanya.

Meskipun aplikasi sejenis ini menjanjikan layanan untuk membersihkan virus dan meningkatkan kecepatan HP dengan mencopot sejumlah layanan bloatware -yang terjadi justru sebaliknya. Aplikasi tersebut malah menambahkan layanan ekstra pada perangkat sehingga membuat pemrosesan makin lambat.

Bahkan, sejumlah aplikasi pembersih diketahui memiliki malware yang mengancam keamanan data privasi Anda. Yang pasti, jangan mudah tergiur layanan sejenis yang bisa digunakan secara gratis. Lebih baik mengeluarkan sedikit uang demi layanan yang terpercaya dan bisa diandalkan.

Adakah salah satu aplikasi di atas yang masih terpasang pada perangkat? Jika masih ada dan ponsel Anda performanya makin lambat, coba deh pertimbangkan untuk mencopot pemasangan salah satu aplikasi di atas.