JAKARTA - OpenAI pada Senin 28 April, mengumumkan bahwa mereka telah memperbarui kemampuan pencarian web ChatGPT untuk meningkatkan pengalaman belanja online bagi pengguna dengan rekomendasi produk yang dipersonalisasi. Hal ini termasuk gambar, ulasan, dan tautan pembelian langsung.
Fitur pencarian generatif AI ini telah menjadi populer sejak diperkenalkan tahun lalu, dan kini menjadi salah satu alat yang paling dicari, dengan lebih dari 1 miliar pencarian web dalam seminggu terakhir, menurut pernyataan perusahaan asal AS ini.
Pembaruan ini akan tersedia di model AI default OpenAI, GPT-4o, dan dapat diakses oleh semua pengguna ChatGPT di seluruh dunia — termasuk pengguna di tingkat Pro, Plus, dan Gratis — serta pengguna yang menggunakan layanan ini tanpa masuk ke akun.
Pengguna akan menerima rekomendasi produk yang disesuaikan dalam berbagai kategori, seperti fashion, kecantikan, barang rumah tangga, dan elektronik ketika mereka mengajukan pertanyaan tertentu.
BACA JUGA:
Pembaruan ini tidak akan menyertakan iklan, dan OpenAI tidak akan menerima komisi dari pembelian yang dilakukan melalui platform ChatGPT. Hasil pencarian belanja akan ditentukan secara independen dan mengandalkan metadata terstruktur dari sumber pihak ketiga, seperti harga, deskripsi produk, dan ulasan.
Langkah ini dilakukan sebagai upaya OpenAI untuk menantang dominasi Alphabet dalam pencarian, dengan menawarkan alternatif yang lebih terfokus pada pengguna, berbeda dari hasil pencarian Google yang sarat iklan.
Pada bulan Februari, jumlah pengguna aktif mingguan OpenAI melampaui 400 juta, menurut seorang juru bicara perusahaan.