Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa itu pager? Alat komunikasi ini difungsikan dengan cara menampilkan teks pendek bagi penggunanya. Alat komunikasi ini digunakan oleh anggota Hizbullah sejak 6 bulan lalu, dan konflik dengan Israel semakin meningkat. Pada hari Selasa, 17 September 2024, ratusan pager Hizbullah meledak di seluruh penjuru Lebanon. Insiden tersebut menewaskan sembilan orang dan ribuan orang mengalami luka-luka. Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 15.45 waktu setempat, dan berlangsung selama satu jam.

Dikutip dari Al-Jazeera, ledakan pager ini terjadi di Dahiyeh, pinggiran Beirut selatan, kota Ali Al-Nahri dan Riyaq di lembah Beqaa Lebanon tengah, dan juga di Sidon dan Tirus, Lebanon Selatan, tepat di lokasi tempat warga beraktivitas, seperti pasar hingga toko.

Apa Itu Pager?

Pager adalah perangkat komunikasi dengan ukuran kecil, dan dimanfaatkan sebelum penggunaan telepon seluler tersebar luas. Beberapa orang menyebut pager dengan istilah radio panggil. Pada tahun 90-an, alat komunikasi ini sempat populer untuk mengirim pesan pendek. Karena suara khasnya, sebagian orang juga menyebutnya dengan istilah beeper.

Umumnya pager berbentuk persegi panjang, dan berukuran sangat kecil, sehingga dapat dibawa ke mana saja dengan mudah. Selain itu, terdapat layar minimalis untuk menampilkan pesan. Pager digunakan dengan kode sinyal radio pada frekuensi tertentu, lalu ditransmisikan melalui provider. Diketahui, pager ditemukan pada tahun 1956 oleh Multitone Electronic. Saat itu, pager banyak dimanfaatkan oleh kalangan dokter Rumah Sakit St. Thomas yang sedang melaksanakan tugas dalam kondisi darurat. Selain wilayah rumah sakit, penggunaan pager tersebar ke seluruh wilayah negara.

Ilustrasi pager. (Wikimedia Commons/Wiki-observer)

Penyebab Pager di Lebanon Meledak Bersamaan

Setelah memahami apa itu pager, kini saatnya kita mengetahui penyebab pager di Lebanon meledak. Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan kenapa pager meledak bersamaan:

Jaringan radio dalam pager diretas

Sejauh ini, belum terdapat informasi pasti alasan pager dapat meledak bersamaan. Namun, beberapa pihak memiliki spekulasi bahwa terdapat kemungkinan jaringan radio dalam pager diretas, sehingga sistem memancarkan sinyal yang memicu respon pager saat diretas.

Sabotase perangkat

Dikutip dari sumber yang dekat dengan Hizbullah, pager yang meledak tersebut berkaitan dengan pengiriman baru-baru ini. Diketahui, Hizbullah melakukan impor 1000 perangkat yang terlihat disabotase dari sumbernya. Sebelumnya, pasukan intelijen Israel pernah menempelkan bahan peledak di telepon pribadi untuk menargetkan musuh. Peretas telah memperlihatkan kemampuannya untuk menyuntikkan kode berbahaya ke dalam perangkat, sehingga menyebabkan suhu terlalu panas, dan meledak.

Baterai lithium terlalu panas

Pager dapat meledak jika baterai lithium terlalu panas. Situasi tersebut akan memicu proses yang disebut thermal runaway. Selanjutnya, reaksi berantai kimia pun terjadi, dan suhu pun meningkat sehingga terjadi ledakan hebat.

Ada sesuatu yang dimasukkan ke dalam pager melalui kode yang dimodifikasi

Mengutip Al Jazeera, menurut analis data Ralph Baydoun, setiap anggota Hizbullah yang berada pada level tertentu diserang. Dari sejumlah laporan, sebelum meledak, pager tiba-tiba menjadi panas. Baterai lithium pager yang dipicu terlalu panas dapat memicu proses thermal runaway.

Sebenarnya, reaksi berantai kimia bisa saja terjadi, sehingga suhu menjadi meningkat, dan akhirnya baterai meledak hebat. Namun, bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk memicu reaksi berantai dalam beberapa perangkat yang tidak pernah terhubung ke internet. Dengan kata lain, harus ada bug di pager tersebut, sehingga menjadi terlalu panas sebagai akibat dari keadaan tertentu.

Ia memiliki spekulasi, melalui kode yang dimodifikasi, ada sesuatu yang dimasukkan ke dalam pager. Menurut Charles Lister dari Middle East Insititute, sebuah bahan peledak kecil pasti disembunyikan di samping baterai agar dapat diledakkan dari jarak jauh melalui panggilan atau pager. Kemungkinan Badan mata-mata Israel Mossad menyusup ke rantai pasokan.

Demikianlah ulasan tentang apa itu pager, perangkat andalan Hizbullah yang diledakkan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.