Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengungkapkan bahwa saat ini semua layanan keimigrasian dalam negeri terdampak atas gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN).

“Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” tulis Ditjen Imigrasi dalam cuitannya di X.

Lebih lanjut, Ditjen Imigrasi juga menyampaikan bahwa PDN tidak hanya diperuntukkan bagi Ditjen Imigrasi, melainkan pusat penyimpanan dan pengelolaan data milik seluruh instansi pemerintahan di Indonesia.

Gangguan ini sebelumnya diunggah oleh salah satu pengguna X (@jesswjk) yang tampak sedang mengantri di bandara internasional Soekarno-Hatta.

Dalam cuitannya, dia berkata “Sistem imigrasi bisa down, luar biasa banget dan ga ada org yg tanggung jawab on site @ditjen_imigrasi”.

BACA JUGA:


Dalam postingan terbarunya kurang lebih satu jam lalu, akun @jesswjk mengatakan “Haha. Tadi karena flight gue udah mau berangkat plus bawa 3 anak, gue ngomel-ngomel. Akhirnya dikasih lewat kantor samping (ga tau proses check mereka gimana karena kan down ya) yang penting lewat deh pokoknya, pas gue lewat masih ratusan yang ketahan di imigrasi”

Sampai saat artikel ini ditulis, Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Aris Kurniawan, saat dihubungi VOI mengatakan akan segera merilis pernyataan resminya.

Semetara itu, Ditjen Imigrasi menegaskan akan segera menginformasikan kembali apabila sistem telah beroperasi dengan normal.