Bagikan:

JAKARTA - PornHub mengumumkan akan berhenti beroperasi di lima negara bagian lagi pada musim panas ini karena undang-undang baru yang mewajibkan verifikasi usia di situs hiburan dewasa.

Selama setahun terakhir, PornHub harus membuat keputusan sulit untuk memblokir akses ke pengguna di banyak negara bagian Amerika karena undang-undang Verifikasi Usia yang baru disahkan, termasuk di Texas, Utah, Arkansas, Virginia, Montana, North Carolina, Mississippi.

Dan sekarang, pada bulan Juli 2024, PornHub mengatakan akan memblokir aksesnya ke beberapa negara bagian lain yang menerapkan undang-undang serupa, yaitu di Indiana, Idaho, Kansas, Kentucky dan Nebraska.

Dalam konteks undang-undang ini, verifikasi usia akan mengharuskan pengguna untuk membuktikan bahwa mereka benar berusia 18+ untuk melihat konten dewasa dengan mengirimkan foto identitas pribadi, dan ini menghadirkan risiko pencurian identitas.

Meskipun PornHub selalu mementingkan keselamatan dan kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku, mereka menyayangkan bahwa undang-undang ini dinilai tidak efektif.

BACA JUGA:


“Mereka yang mencari konten dewasa pasti akan berakhir di situs yang tidak bertanggung jawab yang tidak menegakkan keamanan, privasi, persetujuan, atau moderasi konten,” tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Perusahaan juga mendorong para pembuat kebijakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi verifikasi berbasis perangkat yang membuat internet lebih aman untuk semua, terutama anak-anak, dan juga menghormati privasi.

“Ini berarti pengguna hanya akan mendapatkan verifikasi satu kali, melalui sistem operasi mereka, bukan di setiap situs yang dibatasi usia. Ini secara dramatis mengurangi risiko privasi dan menciptakan proses yang sangat sederhana bagi regulator untuk ditegakkan,” pungkasnya.