Alphabet Induk Perusahaan Google Kembangkan Perangkat Super untuk Pendengaran Manusia
Alphabet hadirkan alat pendengar suara yang canggih (The Verge)

Bagikan:

JAKARTA - Alphabet, perusahaan induk Google memiliki sejumlah proyek penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan di antara proyek tersebut, ada penelitian Google untuk menghadirkan sebuah perangkat yang bisa memberikan pendengaran super pada manusia.

Melansir Business Insider, proyek bernama “Wolverine” bertujuan untuk mengembangkan alat bantu pendengaran. Tim merancang alat tersebut untuk membantu disabilitas mendengar suara dengan lebih jelas, sekalipun di tempat ramai.

Uji coba perangkat tersebut telah dilakukan dengan gawai yang mirip earphone. Sejumlah orang telah bergabung dengan proyek ini, termasuk tim dari Starkey Hearing Technologies dan Eargo.

Proyek Wolverine ini menyerupai produk buatan Whisper, sebuah perusahaan yang telah mengeluarkan diri dari proyek tersebut. Tim itu telah berhasil mengisolasi suara lewat “mesin pemisah suara” yang bisa disesuaikan dengan keadaan sekitar.

Ini membuktikan bahwa tujuan lab tidak hanya untuk membuat perangkat yang akan laku di pasaran saja, melainkan membuat alat bantu dengar yang sudah disempurnakan.

Tim Alphabet tidak hanya berkonsentrasi pada satu perangkat saja. Tim tersebut juga berencana membangun bisnis yang sukses dan bisa digunakan dalam berbagai perangkat lain.

Jika proyek “Wolverine” ini berhasil, kemungkinan para penggunanya akan memiliki kemampuan pendengaran yang lebih tajam dari sebelumnya sebagaimana yang dirangkum dari The Verge.