2 Cara Kerja WiFi di Pesawat yang Jarang Diketahui Masyarakat
Ilustrasi pesawat terbang (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda tentu tahu bahwa saat berada di dalam pesawat terbang, para penumpang diminta untuk tidak menyambungkan ponsel ke sambungan internet. Hal itu dilakukan agar pesawat bebas dari gangguan sinyal sekecil apapun. Akan tetapi kini banyak pesawat terbang yang dilengkapi dengan fasilitas WiFi. Lalu, bagaimana cara kerja WiFi di pesawat terbang? Apakah sambungan WiFi di pesawat aman?

Cara Kerja WiFi di Pesawat

Harus diketahui bahwa ada dua sistem operasi WiFi pada pesawat yang digunakan yakni sistem operasi basis darat dan sistem operasi basis satelit. Apa bedanya?

  1. Sistem Operasi Basis Darat

Sistem operasi WiFi pesawat basis darat mendapatkan sinyal internet dari pemancar sinyal yang ada di darat. Cara kerjanya mirip dengan sistem internet yang dipasang pada ponsel. Teknologi WiFi yang ada di pesawat dinamakan dengan Air-toGround (ATG).

ATG pesawat berupa antena yang terpasang di pesawat yang mampu menarik sinyal internet yang dipancarkan menara di daratan. Kecepatan WiFi yang didapatkan dari ATG biasanya hanya mencapai 3Mbps. Sayangnya teknologi ini tidak berfungsi saat pesawat melintasi lautan yang luas atau wilayah yang tidak memiliki menara pemancar sinyal internet di bawahnya.

  1. Sistem Operasi Basis Satelit

Saat pesawat tak bisa menarik sinyal dari darat, pesawat akan menggunakan sambungan internet berbasis satelit. Sambungan internet ini didapatkan dari jaringan satelit buatan yang mengorbit di luar angkasa. Satelit akan memancarkan sinyal internet ke pesawat dan sinyal akan ditangkap melalui antena yang terpasang di tubuh pesawat lalu disebarkan di kabin pesawat. Pesawat akan menangkap sinyal internet yang dipancarkan oleh satelit terdekat dengan posisi pesawat.

Harus diketahui pula bahwa cara kerja WiFi pesawat berbeda dengan sambungan internet di ponsel. Perbedaan ada pada frekuensi dan karakter gelombang keduanya. WiFi yang ditangkap oleh pesawat juga aman dan tidak mengganggu penerbangan, berbeda dengan sambungan internet dari ponsel yang berpotensi besar mengganggu penerbangan hingga membahayakan keselamatan pesawat.

Itulah cara kerja WiFi di pesawat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.