Google Mulai Menggulirkan Beta Fitur Magic Compose pada Aplikasi Messages
Google mulai menggulirkan versi beta dari Magic Compose. (foto: twitter @GoogleAI ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Google akhirnya mulai menggulirkan versi beta dari Magic Compose, fitur baru pada aplikasi Messages yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu menulis pesan teks. Namun, seperti yang diungkapkan oleh Android Police, fitur ini memiliki satu catatan penting: hingga "20 pesan sebelumnya" akan dikirim ke server Google untuk menghasilkan saran - bahkan jika Anda menggunakan RCS dengan enkripsi ujung ke ujung (E2EE).

Google menjelaskan syarat-syarat ini pada halaman dukungan Magic Compose-nya, mencatat bahwa pesan-pesan ini, bersama dengan emoji, reaksi, dan URL yang terlampir, akan dikirim ke server mereka untuk membantu AI dalam menyusun respons yang tepat.

Perusahaan juga menyatakan bahwa tidak ada pesan dengan lampiran, pesan suara, dan gambar yang akan dikirim, tetapi "keterangan gambar dan transkripsi suara mungkin dikirim."

Google pertama kali meluncurkan E2EE pada aplikasi ini pada tahun 2020 dan membuatnya tersedia untuk obrolan grup akhir tahun lalu. Mengaktifkan fitur ini berarti pihak ketiga - bahkan Google sendiri - tidak akan melihat pesan Anda. Meskipun menggunakan Magic Compose dengan E2EE akan mengirim pesan Anda ke server Google, perusahaan menegaskan bahwa mereka sebenarnya tidak bisa membacanya.

Jurubicara Google, Justin Rende, juga menjelaskan kepada The Verge bahwa "data percakapan yang digunakan oleh Magic Compose tidak disimpan" dan bahwa "hasil respons yang disarankan tidak disimpan setelah diberikan kepada pengguna." Setelah Anda mematikan Magic Compose, Google tidak akan mengirim pesan Anda ke server mereka.

Magic Compose hanya salah satu dari banyak fitur berbasis AI yang ditampilkan oleh Google dalam acara I/O bulan lalu. Menurut Google, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membalas pesan teks dengan "respons yang disarankan dengan gaya yang telah ditentukan berdasarkan konteks pesan Anda." Fitur ini saat ini sedang digulirkan kepada pengguna dalam program beta Google Messages.

Jika Anda memiliki akses ke fitur ini, Anda akan melihat ikon percakapan di sebelah komposer pesan aplikasi. Dari sana, Anda dapat memilih respons yang disarankan dan melanjutkan menulis ulang teks menggunakan gaya-gaya preset yang berbeda, seperti "santai," "bersemangat," atau "Shakespeare." Fitur ini sepertinya hanya tersedia untuk pesan RCS untuk saat ini, dan belum ada informasi kapan fitur ini akan mendukung pesan SMS/MMS.

Microsoft juga meluncurkan fitur serupa dalam aplikasi keyboard mereka, SwiftKey. Fitur ini memungkinkan Anda memilih ikon Bing di toolbar aplikasi untuk menyusun pesan teks dan surel, serta mengubah nada, format, dan panjang pesan yang disarankan.