Inilah Fungsi Kamera Ultra Wide yang Menawarkan Bidang Pandang Luas
Ilustrasi Kamera ultra wide (foto: Santa3/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kamera ultra wide adalah kamera yang menawarkan bidang pandang yang jauh lebih luas dari lensa wide angle. Jenis kamera ini menjadi pilihan populer di kalangan fotografer karena dapat menghasilkan gambar dengan sudut pandang yang sangat lebar. Lantas apa fungsi kamera ultra wide? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Kamera Ultra Wide

Dikutip VOI dari laman Photography Life, Jumat, 25 November 2022, lensa kamera ultra wide dapat mencakup panjang fokus yang lebih pendek dari 24 milimeter bidang pandang yang setara dengan satu bingkai penuh. Tak heran, jika kamera ultra wide menjadi andalan untuk membidik foto dengan optimal.

Karena memiliki kemampuan mengambil foto dengan jangkauan luas, kamera ultra wide mampu memproyeksikan objek secara lebih baik dibanding jenis kamera wide.

Dengan kata lain, fungsi kamera ultra wide menunjang proses membidik foto dengan sudut yang lebih luas. Dengan begitu, pemotretan bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Karena dibekali dengan fitur yang dapat mengambil foto dengan jangkauan luas, kamera ultra wide bisa memproyeksikan objek secara lebih baik ketimbang lensa wide.

Artinya, fungsi kamera ultra wide adalah menunjang proses membidik foto dengan sudut yang lebih luas. Sehingga, pemotretan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

Kameran ini sangat tetap digunakan oleh fotografer dengan genre pemotretan lanskap, arsitektur, dan cityscape.

Fotografer arsitektur menggunakan kamera ultra wide untuk memasukkan bangunan tinggi ke dalam bingkai mereka. Fotografer real estate, khususnya, sering menggunakan lensa ultra wide untuk memotret interior.

Sementara bagi fotografer lanskap, kamera ultra wide digunakan untuk membesarkan ukuran relatif objek di latar depan, serta menyertakan lanskap yang luas di latar belakang.

Disadur dari laman Digital Photography School, kamera ultra wide tak bisa digunakan untuk foto bergaya portrait, foto produk, fotografi jalanan, fotografi burung, fotografi dan fotografi satwa liar.

Keunggulan Kamera Ultra Wide

Ilustrasi hasil jepretan dengan kamera ultra wide
Ilustrasi hasil jepretan dengan kamera ultra wide (Peggychoucair/Pixabay)

Masih dari Digital Photography School, Ada beberapa keunggulan yang dimiliki kamera ultra wide. Pertama, kamera ultra wide dapat menghasilkan bidikan secara detail dan realistis.

Kedua, kamera ultra wide dapat meminimalkan terjadinya distorsi perpektif pada objek yang difoto.

Ketiga, Fotografer tak perlu memiringkan kamera saat mengambil gambar, sebab kamera ini dapat membidik objek secara luas. Cukup arahkan kamera lurus ke depan dan bidik objek, maka Anda bisa menghasilkan bingkai foto yang menakjubkkan tanpa khawatir terjadi distorsi perpektif.

Keempat, Kamera ultra wide dapat menghasilkan pseudo-panorama yang menakjubkan tanpa harus menambahkan teknik khusus. Dengan demikian, siapa pun yang menggunakan kamera ini, hasil fotonya akan terlihat bagus dan menakjubkan.

Kelima, kamera ultra wide memudahkan siapapun untuk menciptakan banyak foto berkualitas tanpa perlu usaha berlebih atau menguasai teknik khusus.

Keenam, kamera ultra wide menyertakan begitu banyak detail dan dapat mencakup bidang pandang yang luas. Keunggulan ini memudahkan Anda untuk menyertakan hampir semua hal dalam satu bidikan.

Jika Anda ingin memotret lanskap pantai, Anda tidak hanya mendapatkan air dan langit. Anda akan mendapatkan pasir, bebatuan, orang-orang di pantai, dan bahkan mungkin kaki Anda sendiri.

Demikian informasi seputar fungsi kamera ultra wide yang menawarkan bidang pandang luas. Apakah Anda tertarik untuk mencoba kamera ini?