Apa Itu KakaoTalk: Aplikasinya Oke Banget Buat Bisnis Loh!
Platform media sosial KakaoTalk (Instagram @kakaotalk_global)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika berbicara soal platform media sosial, mungkin tergoda untuk tetap menggunakan nama besar yang sudah Anda ketahui, tetapi tidak ada yang mau ketinggalan hal besar berikutnya. Dan lihat, kami tidak ingin memicu FOMO Anda, tetapi pernahkah Anda mendengar apa itu Kakaotalk?

Apakah Anda terbiasa dengan aplikasi perpesanan sosial yang populer ini atau tidak, ada kemungkinan Anda harus mulai memperhatikannya. KakaoTalk tidak hanya aman, tetapi mungkin penting dalam rencana pemasaran digital Anda.

Apa Itu kakaotalk?

 

Usut punya usut, KakaoTalk (atau KaTalk) adalah aplikasi perpesanan populer di Korea Selatan. Ini adalah layanan seluler gratis yang menawarkan pesan teks, panggilan suara dan video, obrolan grup, dan banyak lagi.

Meski mirip dengan Line atau WeChat, KakaoTalk sebenarnya sudah ada selama 12 tahun. Namun popularitasnya telah meledak dalam beberapa tahun terakhir, dengan peningkatan lebih dari 8 juta pengguna di seluruh dunia antara tahun 2015 dan 2021.

Anda tahu bagaimana biasanya mengatakan "biarkan saya Google itu" ketika Anda berpikir untuk mencari sesuatu? KakaoTalk telah mencapai tingkat di mana-mana, dengan orang Korea Selatan sering menggunakan "Ka-Talk" sebagai kata kerja (yaitu "Saya akan Ka-Talk Anda nanti").

Menurut eMarketer, 97,5% pengguna ponsel cerdas di Korea Selatan menggunakan aplikasi tersebut pada Desember 2020. Itu lebih dari 3 kali lipat jumlah pengguna di aplikasi terpopuler kedua, Instagram.

KakaoTalk telah menjadi bagian yang mendarah daging dari budaya Korea Selatan, tetapi Anda dapat menggunakannya di mana saja di dunia. Anda hanya perlu aplikasi dan koneksi internet. KakaoTalk juga secara mengejutkan sangat populer di Belanda dan Italia, dan hanya masalah waktu sebelum bisa berkembang di tempat lain.

Platform ini dapat menghubungkan bisnis dengan basis besar konsumen potensial di seluruh dunia. Kampanye pemasaran KakaoTalk Anda mungkin jauh melampaui Korea Selatan.

Bagaimana Anda bisa menggunakan KakaoTalk untuk bisnis?

Jadi, ada banyak potensi yang belum dimanfaatkan, tetapi bagaimana Anda bisa menggunakan KakaoTalk untuk bisnis Anda? Baik itu iklan Kakao, belanja Kakao, atau layanan pelanggan, mari kita lihat semua hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan merek Anda di platform.

Buat Saluran Bisnis KakaoTalk

Gratis untuk dibuat dan mudah dipelihara, KakaoTalk Business Channel adalah panggilan yang bagus untuk pemilik bisnis yang ingin masuk ke platform.

Dengan alat ini, Anda dapat membangun hub yang dapat dicari untuk merek Anda. Anda juga dapat terus memperbarui pengikut Anda dengan foto, video, dan pembaruan status. Mungkin yang terbaik dari semuanya, Anda menggunakan fungsi obrolan pintar bawaan untuk berkomunikasi secara real-time dengan klien Anda.

Perbarui klien Anda

Ada banyak cara untuk mengiklankan merek Anda di KakaoTalk, dan semuanya sepadan dengan waktu Anda. Anda dapat mengirim pesan langsung ke orang-orang di KakaoTalk Business Channel Anda. Ini dapat digunakan untuk segala hal mulai dari pemberitahuan merek hingga kupon diskon atau penawaran khusus lainnya.

Jangkau pelanggan baru

Jika Anda ingin memperluas jangkauan Anda lebih jauh, Anda dapat mengakses Kakao BizBoard. Layanan B2B mandiri ini memungkinkan bisnis untuk berbagi konten di berbagai platform.

Dengan BizBoard, Anda dapat membuat kampanye iklan yang sangat bertarget menggunakan Kakao Sync.

Desain emotikon khusus

Seperti aplikasi media sosial lainnya yang memiliki bobot suka, KakaoTalk memiliki kehadiran emotikon yang kuat. Bintang utamanya adalah Kakao Friends yang sangat menggemaskan. Mereka sangat populer, mereka bahkan memiliki toko ritel bermerek mereka sendiri di seluruh Korea Selatan.

Tentu, sepertinya Anda tidak akan bisa menemukan sesuatu yang ikonik seperti Ryan si singa tercinta. Namun Anda tetap dapat menyumbangkan emotikon khusus ke oeuvre KakaoTalk. Cukup mendaftar ke Kakao Emoticon Studio untuk mendesain emotikon yang mewakili merek Anda.

Langsung menjual makanan (jika ada)

Beberapa merek mungkin mendapat manfaat dari menggunakan KakaoTalk Order, aplikasi mengambil layanan populer seperti UberEats atau Doordash.

Layanan pemesanan makanan juga memiliki pusat bos yang kuat. Ini membantu pemilik toko mengelola menu mereka, membuat kode diskon dan tetap berhubungan dengan basis pelanggan mereka.

Jadi setelah mengetahui apa itu Kakaotalk, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!