Ditinggalkan Bosnya, YouTube Original Disuntik Mati Google
YouTube Original baru saja dinonaktifkan. (foto; dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Grup konten video asli Google, YouTube Original baru saja dinonaktifkan. Salah satu divisi YouTube itu didirikan enam tahun lalu untuk membuat konten asli dan eksklusif untuk layanan berlangganan YouTube Premium.

Sekarang, grup tersebut ditutup, dan Chief Original Content Global YouTube, Susanne Daniels, akan meninggalkan perusahaan pada bulan Maret.

Tepat setelah berita itu tersiar, Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl, mengunggah pernyataan di Twitter. Dalam tweet-nya, Kyncl mengatakan ke depannya, YouTube hanya akan mendanai program yang merupakan bagian dari dana Black Voices dan YouTube Kids.

Mengutip pertumbuhan Program Mitra YouTube untuk berbagi pendapatan iklan yang sekarang mencapai 2 juta peserta, Kyncl mengungkapkan, “sekarang investasi kami dapat membuat dampak yang lebih besar pada lebih banyak pembuat konten ketika diterapkan pada inisiatif lain," ujar Kyncl seperti dikutip dari

 Rabu, 19 Januari.

“Kami akan menghormati komitmen kami untuk pertunjukan yang sudah dikontrak yang sedang berlangsung dan pembuat konten yang terlibat dengan acara tersebut harus mengharapkan untuk mendengar dari kami secara langsung dalam beberapa hari mendatang,” imbuhnya.

Enam tahun lalu ketika pertama kali diluncurkan dalam versi aslinya, YouTube telah merencanakan untuk menjalankan bisnis streaming-langganan. Namun dalam beberapa tahun, itu berputar dan mulai tahun 2018, YouTube menghentikan serangkaian serial TV dan filmnya.

Beberapa proyeknya pindah ke outlet lain: “Cobra Kai” telah masuk ke Netflix, “On Becoming a God In Central Florida” pergi ke Showtime dan “Step Up” diakuisisi oleh Starz.

Beberapa konten orisinal YouTube yang paling populer adalah dokumenter "Justin Bieber: Seasons", komedi "Liza On Demand", serial drama “Cobra Kai,” kelanjutan dari franchise “Karate Kid” dan seri interaktif dengan vlogger game YouTube Markiplier.

Di bagian depan musik, YouTube asli telah menyertakan proyek dengan Alicia Keys, Demi Lovato, Camilo dan Lewis Capaldi serta "Released," program musik baru mingguan. Lineup juga mencakup konser streaming langsung dengan Taylor Swift, Coldplay, Paul McCartney dan Andrea Bocelli.

YouTube adalah situs web video de facto, tetapi Google masih cenderung mengejar tren aplikasi atau web video yang muncul. Seperti, YouTube Shorts adalah tiruan dari TikTok. YouTube Gaming adalah tiruan dari Twitch.

YouTube Stories dimaksudkan untuk menjadi penantang Snapchat. YouTube Originals menjadi sorotan di Netflix, yang pada tahun 2016 menarik perhatian dengan acara-acara pemenang penghargaan seperti House of Cards dan Orange Is the New Black. Saat itu, YouTube Premium seharga 12 dolar AS per bulan dimulai sebagai YouTube Red dan penawarannya disebut YouTube Red Originals.