12 Mei 2021 16:45 | TIM VOI

Inspirasi dekorasi rumah kamu menyambut Lebaran. (Istimewa)

Paragram.id - Pemerintah sudah mengeluarkan aturan larangan mudik Lebaran tahun ini. Tandanya, kamu harus tetap di rumah saja ya, supaya penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir. Kalau urusan silaturahmi, tenang saja. Ada teknologi komunikasi dong. 

Meski silaturahmi hanya bisa dilakukan secara virtual, bukan berarti kita tak perlu mempersiapkan diri dalam menyambutnya, ya. Mendekorasi rumah jadi salah satu kegiatan yang harus segera dilakukan agar silaturahmi virtual meninggalkan kesan mendalam.

Berikut ini beberapa inspirasi dan tips dekorasi rumah untuk menyambut silaturahmi virtual yang lebih aman dan menyenangkan. Yuk, simak bareng-bareng.

1. Decluttering atau Bersihkan Rumah Secara Berkala

Agar rumah terlihat lebih rapi, sebaiknya singkirkan atau rapikan barang yang sudah tidak dipakai.

Mulailah decluttering dari kamar tidur, lemari pakaian, dan selanjutnya ke area kamar mandi, dapur, serta ruang tamu.

Jangan lupa mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategori dengan menggunakan kotak penyimpanan. Bisa juga menggunakan label agar barang lebih mudah dicari.

2. Tentukan Spot Favorit

Pilih ruangan yang luas dan nyaman dengan pencahayaan yang cukup untuk menjadi titik kumpul anggota keluarga saat melakukan silaturahmi virtual nanti.

3. Relayout Tata Letak Furnitur

Menata ulang letak perabotan bisa memberikan suasana baru di rumah. Misalnya, menerapkan penggunaan furnitur multifungsi agar pemanfaatan ruang lebih maksimal.

4. Ganti Suasana Warna Rumah

Mengganti warna cat dinding rumah juga bisa memberikan kesan lebih segar. Disarankan untuk memakai motif sederhana pada dinding yang bisa membuat ruangan terasa lebih playful. 

Pilihlah analogous color yaitu warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini akan memberikan warna yang harmonis sehingga nyaman di mata.

5. Tambahkan Dekorasi Menarik

Hiasan dinding atau ornamen bergaya tematik seperti Ramadan dan Idul Fitri dapat menjadi solusi untuk menambah kesan meriah pada momen silaturahmi virtual di rumah selama lebaran nanti.

Selain bermanfaat untuk menyegarkan dan memperindah suasana, mendekorasi rumah juga bisa memberikan kenyamanan bahkan meningkatkan fokus. Nah, buat kamu, selamat Lebaran ya.

ADS VOI