11 Mei 2021 16:20 | TIM VOI

Kaftan bisa dikenakan saat Lebaran, sebagai fashion alternatif. (Istimewa)

Paragram.id - Lebaran nanti kamu mau pakai busana apa? Nah, kaftan bisa menjadi alternatif pilihan nih. Hanya saja seringkali perempuan nggak percaya diri mengenakan kaftan. Padahal kece banget kalau bisa ikutan tren mode yang satu ini. 

Outfit khas Timur Tengah ini memang sedikit tricky, ya Ladies. Jika kamu salah memilih potongan atau model yang tidak tepat, maka tubuhmu bakala terlihat lebih lebar sehingga kamu pun terlihat lebih berisi.

Nah, untuk kamu yang gemar memakai kaftan namun ingin tetap terlihat ramping, berikut beberapa tips memilih kaftan yang perlu kamu tahu, Ladies.

1. Pilih Warna Gelap

Outfit dengan model apapun jika warnanya gelap maka mampu membuat tubuh kamu terlihat lebih slim alias langsing. Begitu juga dengan kaftan, kamu hanya perlu memilih warna-warna gelap seperti warna hitam, maroon, navy, dark brown, army, dan lain-lain.

2. Pilih Two Tones Kaftan

Selain memilih kaftan dengan warna-warna gelap, two tone kaftan juga disarankan. Perpaduan dua warna dalam satu kaftan juga bisa jadi pilihan agar tubuh terlihat lebih ramping. 

Misalnya, kaftan hitam dengan sisipan brown pada bagian tengah atau sisipan brown di bagian kanan dan kiri kaftan dengan bentuk vertikal.

3. Pilih Kaftan dengan Aksen Obi

Opsi lainnya selain pemilihan kaftan dengan warna-warna gelap dan two tone, kamu bisa memilih kaftan yang memiliki aksen Obi pada bagian perut. Tambahan aksen obi alias ikat pinggang pada perut tersebut bisa membuat perut kamu terlihat lebih rata dan bagian pinggang terlihat lebih ramping.

4. Pilih Kaftan Serut

Model kaftan berikutnya yang bisa membentuk tubuh lebih ramping adalah kaftan dengan aksen serut di bagian perut. Karet pada bagian perut dan pinggang tersebut akan membuat kaftan lebih pas di badan dan membentuk siluet ramping.

5. Pilih Kaftan yang Simple

Kamu juga perlu memilih kaftan dengan cutting yang simple agar tidak memberi kesan menumpuk. Hindari terlalu banyak payet, apalagi tempelan payet begitu besar. 

Selain tidak elegan, tubuh kamu akan terlihat lebih lebar dan berisi meskipun terkadang sudah memilih warna-warna gelap.

6. Pilih Kaftan Polos

Pastikan juga kamu memilih kaftan polos. Kaftan bermotif apalagi jika motifnya besar juga akan memberi ilusi tubuh lebih lebar. Jika memang ingin tampil beda dengan kaftan bermotif, pilihlah motif kecil atau motif striped. Tidak sembarang motif striped, kamu perlu memilih vertikal striped.

7. Hindari Bahan yang Mengkilap

Saat memilih kaftan, kamu juga perlu mempertimbangkan bahan yang dipakai. Usahakan tidak memilih bahan mengkilap, seperti satin. Bahan tersebut bisa memantulkan cahaya yang membuat tubuh kamu terlihat lebih besar dan siluet badan lebih berisi.

Motif dan desain yang tepat bisa memberi ilusi tubuh menjadi lebih ramping atau justru menjadi lebih berisi. Jadi, saat memilih kaftan, kamu perlu berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal, ya Ladies. Nah, jadi nggak ragu lagi kan gunakan kaftan saat Lebaran?

ADS VOI