11 Mei 2021 15:56 | TIM VOI

Bibir kering saat berpuasa, itu sudah lumrah. Namun kesehatannya tetap harus dijaga. (Istimewa)

Paragram.id - Saat berpuasa, ada hal yang perlu diperhatikan, yakni kesehatan bibir. Tidak makan dan minum kurang lebih 12 jam, tentu akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh, termasuk bibir yang terasa cepat kering.

Bibir sangat rentan mengalami kering atau pecah-pecah, karena kulit di bibir 15 kali lebih tipis dibanding kulit di tubuh. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembabannya. Sehingga perlu perawatan dan perlindungan ekstra, khususnya pada bulan puasa. Beberapa tips berikut ini, bisa bantu kamu untuk mengatasi masalah bibir kering. Yuk, langsung simak aja!

1. Gunakan Lip Scrub

Gunakan scrub khusus untuk bibir seminggu sekali untuk membantu pengelupasan kulit mati di bibir. Dengan terkelupasnya kulit mati dan kulit kering, kulit baru yang sehat akan terbentuk di bibir.

2. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

Sebaiknya saat sahur atau berbuka kurangilah makanan yang pedas dan asin. Selain dapat membuat cepat haus, makanan pedas dan asin juga bisa membuat bibir cepat kering.

3. Gunakan Lip Balm

Lip Balm bisa mengurangi masalah bibir kering. Pilihlah pelembab bibir yang mengandung minyak alami dan SPF.

4. Mengonsumsi Madu

Madu juga bisa membantu kamu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengoleskan madu di bibir sebelum tidur dan lakukan lagi setelah selesai makan.

5. Hindari Membasahi Bibir dengan Air Liur

Membasahi bibir dengan air liur malah membuat bibir lebih cepat kering. Sebaiknya pastikan asupan cairan selalu tercukupi saat berpuasa.

Bibir kering saat berpuasa memang sudah lumrah, namun ada baiknya tetap dijaga kesehatannya ya.

ADS VOI