Fokus pada Kesehatan Mental, Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Final Nomor <i>All-around</i> Olimpiade Tokyo
Simone Biles (Instagram @USAGym)

Bagikan:

JAKARTA - Juara bertahan Simone Biles menyatakan mundur dari final all-around senam perseorangan Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran berkelanjutan atas kesehatan mentalnya.

"Setelah evaluasi medis lebih jauh, Simone Biles telah mengundurkan diri dari final all-around perseorangan putri Olimpiade Tokyo agar fokus kepada kesehatan mentalnya," USA Gymnastics mengonfirmasi keputusan ini seperti dikutip Antara dari AFP, Rabu.

Federasi senam AS itu mengatakan keputusan mengenai apakah Biles akan berlomba dalam final nomor-nomor perorangan akan diambil setelah melewati evaluasi harian.

"Simone akan terus dievaluasi setiap hari untuk menentukan apakah akan berpartisipasi atau tidak dalam final nomor perseorangan pekan depan," tambah USAG.

Jade Carey akan menggantikan Biles dalam final nomor all-around ini.

"Kami dengan sepenuh hati mendukung keputusan Simone dan memuji keberaniannya dalam memprioritaskan kesehatannya," kata USAG. "Sekali lagi keberaniannya menunjukkan mengapa dia menjadi panutan bagi banyak orang."

Keputusan Biles mundur dari all-around terjadi setelah ia mundur dari final beregu putri Selasa kemarin.

Superstar berusia 24 tahun itu tiba-tiba tercoret dari kompetisi setelah melewatkan satu rotasi dengan alasan masalah kesehatan mental.