Tak Ada yang Berani Mengambil No. 4 Milik Ramos di Real Madrid
Sergio Ramos (Instagram @sergioramos)

Bagikan:

JAKARTA - Sergio Ramos telah meninggalkan sejarah di Real Madrid selama 16 tahun di Estadio Santiago Bernabeu. Ketika tiba di Madrid pada tahun 2005, ia mengambil nomor 4 milik Fernando Hierro.

Datang dari Sevilla, Ramos menikmati tantangan untuk menggantikan Hierro. Tetapi, tidak ada yang meminta nomor Ramos dalam dua setengah minggu sejak kepergiannya ke Paris Saint-Germain. 

Begitu pula dengan timnas Spanyol. Bersama La Roja, Ramos mengenakan nomor punggung 15 sebagai penghormatan kepada Antonio Puerta, namun tidak ada pemain di skuat Luis Enrique yang memakai nomor punggung itu untuk Euro 2020. 

Sergio Ramos (Twitter @sergioramos)

Itu karena masih ada rasa hormat yang begitu besar kepada pemain yang pernah menjadi kapten Spanyol sepanjang kualifikasi, sebelum akhirnya dicoret Enrique dari skuat turnamen.

Di Real Madrid, belum ada yang mengambil No. 4. David Alaba baru saja tiba dan bisa menjadi kandidat, tetapi belum jelas apakah dia akan mengambil nomor itu atau tidak.

No.4 kaya akan sejarah di Real Madrid, dan bukan hanya karena Ramos dan Hierro. Sebelum mereka, pemain top seperti Pirri, Uli Stielike, Ricardo Rocha dan Rafael Alkorta juga pernah menggunakannya.

Seseorang pasti harus mengambilnya, karena pemain di tim utama harus menggunakan nomor antara No. 1 hingga No. 25. 

Jika Real Madrid ingin mendaftarkan 25 pemain, dan akan sulit untuk mengurangi skuat sebanyak itu, maka mereka harus menggunakan semua nomor yang tersedia.

Ban kapten Ramos, sementara itu, telah diserahkan kepada Marcelo, yang sebelumnya mengemban tugas sebagai deputi Ramos. 

Pemain asal Brasil itu adalah kapten baru tim, meskipun Karim Benzema kemungkinan akan sering memakai ban kapten karena dia adalah wakil kapten baru dan sang striker kemungkinan akan lebih sering menjadi starter ketimbang Marcelo.