Bagikan:

JAKARTA - Pengundian grup untuk Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN Cup U-19 tuntas digelar pada Kamis, 30 Mei 2024, sore WIB.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A yang terbilang aman karena dihadapkan dengan lawan tak terlalu berat. Lawan Garuda Muda di fase grup ialah

Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Meski menilai lawan di Grup A bukan ancaman berat, Timnas Indonesia U-19 tetap diminta waspada dan fokus demi hasil maksimal. Hal itu disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Vivin Cahyani.

"Kita telah lakukan secara maksimal, ya, kita juga lakukan drawing secara fair. Hasilnya, kita tidak bisa bilang ini mudah. Kita harus optimistis dari hasil (drawing) ini," kata Vivin Cahyani seusai drawing di kawasan Senayan, Jakarta, pada 30 Mei 2024.

"Saya harap tim juga bersiap. Kita harus siap melawan siapa pun. Setiap negara yang tampil pasti membawa kebanggaan negara masing-masing. Saya pikir lawan pasti punya tekad kuat untuk memenangi pertandingan."

"Jadi, kita (Indonesia U-19) tidak boleh lengah. Walaupun hasil drawing ini mudah dan membuat kita cukup optimistis, kita jangan lengah," tuturnya.

ASEAN Cup U-19 2024 akan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, pada 17-29 Juli 2024. Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November akan jadi venue pertandingan.

Jika melihat rekam jejak, Timnas Indonesia U-19 baru satu kali lolos ke final turnamein, yaitu pada 2013. Selebihnya, Garuda Muda lebih sering tertahan di semifinal.

Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Como, Italia, sebagai persiapan tampil di Toulon Cup 2024 pada 4-17 Juni 2024.

Pasukan Indra Sjafri akan menempa diri di sana sebelum mentas di ASEAN Cup U-19 2024.