Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Enea Bastianini, diprediksi tak akan berada di titik aman dalam tim Pabrikan. Dia berpeluang di depak. Situasi itu membuat Enea dirumorkan masuk dalam pantauan Aprilia untuk MotoGP 2025.

Pada akhir tahun ini, bursa transfer para pebalap untuk musim depan bakal kembali menggeliat. Pasalnya, kontrak sebagian besar pebalap akan habis, termasuk Enea Bastianini di Ducati.

Posisinya di tim asal Italia itu juga belum pasti aman. Soalnya, Ducati diyakini kurang terkesan setelah Bastianini bolak-balik mengalami cedera pada musim debutnya usai digaet dari Pramac.

Menimbang situasi itu, ada kemungkinan Ducati akan mendepak Bastianini untuk memberi jalan kepada Jorge Martin atau Marc Marquez. Sekalipun Bastianini menunjukkan hasil tes pramusim di Sepang yang menjanjikan, posisinya belum pasti aman.

Sementara itu, duo Spanyol, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, masih diandalkan Aprilia sampai akhir MotoGP 2024. Namun, kelanjutan keduanya pada musim 2025 juga belum bisa dipastikan karena bisa jadi Aprilia bakal melakukan perombakan.

CEO Aprillia, Masimo Rivola, tidak menyembunyikan ketertarikannya kepada Enea Bastianini. Ia tak menampik pebalap asal Italia itu masuk kriterianya.

"Saya kira semua orang tahu bahwa Enea itu adalah salah satu pebalap yang saya sukai," ungkap Masimo Rivola dikutip dari Crash pada Selasa, 13 Februari 2024.

"Carlo Pernat, manajer dia, tahu betul bahwa ada jasa saya dia bisa mencapai hasil tertentu dalam negosiasi dengan Ducati," ujarnya.

Masimo juga mengisyaratkan bahwa Aprilia membuka jalan bagi Bastianini, tapi sekali lagi sang CEO enggan membuka rencana Pabrikan terlalu dini.

"Seorang pebalap Italia sudah pasti akan bermanfaat untuk kami, tapi entah Enea atau pebalap lain masih terlalu awal untuk dikatakan," tutur Masimo Rivola.