Bagnaia Bisa Juara Dunia MotoGP 2023 saat Sprint Race GP Valencia
Francesco Bagnaia memiliki kans besar meraih juara dunia pada seri terakhir MotoGP 2023 (Instagram/@@pecco63).

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berpeluang besar mengunci gelar juara dunia MotoGP 2023 pada saat sprint race seri terakhir di Valencia pada akhir pekan ini.

Balapan MotoGP musim 2023 akan memasuki seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu, 26 November 2023.

Seri terakhir ini akan menjadi balapan penentuan perebutan gelar juara dunia. Francesco Bagnaia hanya bersaing dengan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) untuk menjadi yang terbaik.

Bagnaia saat ini memegang keunggulan 21 poin. Namun, pertarungan keduanya masih jauh dari kata selesai karena ada total maksimal 37 poin yang akan diperebutkan oleh kedua pebalap.

Sprint race merupakan match point pertama buat Bagnaia. Jika dia mampu mengungguli pebalap Spanyol itu dengan selisih empat poin di sesi tersebut maka gelar juara kembali menjadi miliknya.

Namun, kans Bagnaia untuk memastikan gelar di sprint tidak akan mudah. Pasalnya, rivalnya tersebut adalah raja sprint pada musim ini.

Untuk bisa langsung merengkuh gelar di sprint race, Bagnaia perlu finis paling depan (P1) dan Martin tidak boleh finis lebih baik dari posisi ketiga (P3).

Jika Bagnaia finis posisi kedua maka Martin tidak finis lebih baik dari posisi kelima. Lalu, seandainya sang juara bertahan finis P3, Martin tidak boleh finis lebih baik dari P7.

Skenario selanjutnya, kalau Bagnaia finis P4 maka Martin tidak finis lebih baik dari P8. Selain itu, kalau Bagnaia finis P5, Martin tidak finis lebih baik dari P9. Terakhir, andai Bagnaia finis P6 maka Martin gagal cetak poin.