5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi olahraga yang baik untuk anak (Foto: Pixabay/bottomlayercz0)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah menyelipkan jadwal olahraga di dalam aktivitasnya. Kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri si kecil, mengelola kecemasan, serta meningkatkan harga diri dan keterampilan kognitif. Selain itu, olahraga juga membantu melepaskan endorfin yang berkorelasi dengan anak yang bahagia. Lantas, apa saja olahraga yang baik untuk tumbuh kembang anak?

Olahraga yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet olahraga yang baik untuk tumbuh kembang anak:

  1. Berenang

Olahraga renang dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik anak. Olahraga ini tak hanya meningkatkan kemampuan fisik si kecil, namun juga dapat mengasah keterampilan indera peraba, penglihatan, pendengaran, motoric halus, dan motoric kasar anak-anak.

Tak cukup sampai disitu, berenang dapat meningkatkan keseimbangan, kelenturan, kekuatan, sampai koordinasi tubuh anak. Keterampilan fisik anak bakal meningkat sejalan dengan peningkatan kemampuan si kecil dalam berenang.

  1. Lari

Lari adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Olahraga ini mudah dilakukan di beberapa area seperti area perumahan, lapangan, dan di jalan raya ketika berlangsung car free day.

Manfaat olahraga lari pada anak adalah memperkuat otot kaki, melatih keseimbangan, dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

  1. Balancing bike

Olahraga ini dapat dikenalkan pada anak sejak mereka bisa berjalan atau berlari. Anak yang direkomendasikan memakai balance bike umumnya berusia sekitar 18 bulan hingga 4 tahun.

Balancing bike dapat meningkatkan koordinasi antara otot, sendi, mata dan telinga. Selain itu, balancing bike juga mempu mengasah fokus dan konsentrasi anak dengan danya gerakan maju, mundur, berbelok, dan berhenti.

  1. In line skate

In line skate atau sepatu roda adalah olahraga yang baik untuk anak. Dengan in line skate, anak akan belajar untuk melatih keseimbangan, core strength, serta dapat menjaga postur tubuh yang baik.

Selain itu, olahraga ini juga mengajarkan si kecil untuk berkomunikasi, mengambil keputusan, komitmen, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan rasa percata diri. Anak-anak yang melakukan in line skate juga dapat terhindar dari risiko obesitas.

  1. Sepak bola

Olahraga sepak bola tidak hanya menyenangkan, tetapi juga baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Manfaat beermain sepak bola untuk anak adalah membuat tubuh makin bugar. Olahraga ini mengharuskan si kecil berlarian untuk mengejar bola. Aktivitas ini dapat membangun daya tahan tubuh dan kecepatannya.

Gerakan dalam sepak bola seperti menggiring dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan juga dapat melatih ketangkasan anak. Menariknya lagi, manfaat sepak bola bagi anak juga dapat membuat tulang dan ototnya menjadi kuat.

Selain itu, olahraga ini juga mendorong kerja sama dan komunikasi di antara para pemain. Sepak bola memungkinkan anak-anak untuk memahami kepribadian mereka dan mengedepankan kepentingan bersama, serta mengembangkan pola pikir pemecahan masalah yang displin dan kreatif.

Demikian informasi tentang olahraga yang baik untuk tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.