Jadi Satu-satunya Tim dengan 2 Pebalap di Atas 30 Tahun, Mercedes Bakal Lakukan Perombakan
Valtteri Bottas (Instagram @valtteribottas)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Finlandia Valtteri Bottas akan habis masa kontraknya akhir 2021 dan perubahan aturan yang signifikan untuk 2022 jadi sinyal bakal terjadinya perombakan dalam tubuh tim Mercedes.

Mercedes juga satu-satunya tim dengan dua pebalap berusia di atas 30 tahun. Bottas berusia 31 tahun, sementara Lewis Hamilton kini 36 tahun.

"Pebalap muda adalah masa depan, untuk itu kami perlu mempertimbangkan bagaimana kami ingin mempersiapkan diri menghadapi tahun-tahun berikutnya," kata bos Mercedes Toto Wolff dilansir dari Antara, Selasa, 9 Februari.

Pria Austria ini sejak lama menyukai pebalap Red Bull Max Verstappen yang masih terikat kontrak sampai akhir 2023, tetapi Mercedes juga tertarik kepada pebalap Inggris George Russell yang merupakan juara Formula Dua 2019 yang sedang memasuki tahun terakhir dalam kontraknya di Williams.

Russell (22) adalah pebalap pengganti yang tampil mengesankan saat melapis Hamilton di Bahrain tahun lalu setelah sang juara dunia dinyatakan positif COVID-19. Russel juga dinilai sudah akrab dengan cara kerja Mercedes.

Wolff sudah mengisyaratkan apa pun yang diputuskan Hamilton, hubungan dengan pebalap tersukses sepanjang masa olah raga ini akan berlanjut dalam jangka panjang pada level lain.

Hamilton dan Mercedes pada Senin juga mengumumkan rencana mendirikan yayasan bersama yang didedikasikan untuk keberagaman dan inklusivitas dalam cabang olahraga ini.

"Ide yayasan ini, berasal dari pemikiran (kepala Daimler) Ola Kaellenius, manakala kami berdiskusi di antara Lewis, Ola dan saya sendiri," kata Wolff seperti dikutip Reuters.

"Kami akan menjalankannya bersama-sama. Yayasan ini juga menunjukkan ternyata ada aliansi dan hubungan yang jauh melampaui 2021."

Musim ini dimulai di Bahrain 28 Maret nanti.