Profil Priska Madelyn Nugroho yang Jadi Sorotan Dunia Usai Raih 5 Gelar ITF
Priska Nugroho (Foto: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Para pecinta tenis di Indonesia mungkin ingin mengetahui profil Priska Madelyn Nugroho setelah ia berhasil membukukan gelar tunggal turnamen ITF World Tennis Tour.

Dikutip dari ANTARA, Minggu, 23 Desember 2022, akun media sosial ITF membagikan foto Priska yang memperlihatkan dirinya dalam lima sudut pengambilan gambar.

Unggahan tersebut mendapatkan komentar dari akun resmi Billie Jean King Cup yang menyebut petenis berusia 20 tahun itu "tidak terhentikan."

Ajang tim internasional utama dalam tenis putri itu juga mengunggah kembali foto tersebut dalam akun media sosialnya, dan membubuhkan keterangan "menempatkan tenis Indonesia dalam peta."

Profil Priska Madelyn Nugroho

Priska Madelyn Nugroho adalah petenis wanita muda yang berulangkali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Petenis yang lahir pada 6 Januari 2022 itu sudah membukukan berbagai gelar juara. Ia tercatat pernah menjuarai Australia Open 2020, serta meraih medali perunggu dalam ajang Asian Games 2019 pada nomor tunggal putri.

Tak hanya itu, Priska juga berhasil merebut gelar juara Australia Tebuka Junior 2020 di nomor ganda putri. Priska yang saat itu berpasangan dengan petenis Filipina, Alexander Eala berhasil mengalahkan pasagan Ziva Falkner/Matilda Mutravdzic.

Priska Madelyn Nugroho dan Alexandra Eala
Priska Madelyn Nugroho dan Alexandra Eala (Dok. Kemenpora)

Priska menjadi petenis putri ketiga Indonesia yang berhasil memenangi turnamen Grand Slam di level junior.

Gelar terbaru Priska diraih pada akhir pekan lalu, tepatnya dalam ajang ITF W25 di Solapur, India. Ia merebut gelar juara setelah mengalahkan petenis Finlandia Anastasia Kulikova pada babak final.

Priska yang notabene adalah unggulan ke delapan, berhasil menekuk unggulan ketiga dengan straight set 6-4, 6-2.

Gelar tersebut memberi Priska tambahan poin, dan peringkat tunggalnya.  berdasarkan laman WTA. Pada Rabu, 22 Desember 2022, Priksa tercatat berada pada posisi 391 dunia yang merupakan tertinggi untuk petenis putri Indonesia.

Asal tau saja, gelar ITF W25 Solapur adalah gelar tunggal kelima yang didapatkan Priska. Sebelumnya, ia telah menjuarai ITF W25 Traralgon 2, Australia, pada November, setelah mengalahkan petenis Inggris Naiktha Bains 6-4,6-4 dalam final.

Tiga gelar lainnya didapatkan Priska secara beruntun dalam tiga pekan perjuangannya di Tunisia.

Dia menjuarai ITF W15 Monastir 28 yang berlangsung pada 18 Juli-24 Juli 2022 usai memenangi laga pamungkas yang ketat melawan petenis India Vaidehi Chaudhari dengan 6-3, 1-6, 6-4.

Pada pekan berikutnya, yakni 25 Juli-31 Juli 2022, Priska Nugroho kembali mengangkat trofi dalam ITF W15 Monastir 30 setelah menang mudah 6-2, 6-1 atas petenis Rusia Anastasia Gureva.

Priska kemudian merebut gelar ITF W15 Monastir 32 pada 8 Agustus-14 Agustus 2022 setelah menumbangkan petenis Jepang Saki Imamura 6-0, 6-3.

Saat ini, Priska masih beredar di India untuk mengikuti turnamen ITF W15 Bengaluru. Dia baru saja mengalahkan petenis Ukraina Valeriya Strakhova dengan 3-6, 6-3, 7-5, dan selanjutnya Priska bakal menghadapi wakil tuan rumah Shrivalli Rashmikaa Bhamidipaty pada babak 16 besar.

Pada sektor ganda, Priska yang berpasangan dengan petenis Rusia Ekaterina Yashina berhasil mengalahkan duet asal India Rutuja Bhosale/Vaishnavi Adkar dengan 6-3, 6-4 pada babak 16 besar.

Demikian informasi seputar profil Priska Madelyn Nugroho. Update perkembangan situasi terkini hanya di VOI.id.