PSG dan Bayern Munchen Sudah Segel Gelar Juara Liga, Siapa Menyusul?
Bayern Muenchen juara Bundesliga. (Foto: Twitter @FCBayern)

Bagikan:

JAKARTA - Dua raksasa Eropa, Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen, sudah memastikan gelar juara liga domestik sebelum seluruh pertandingan tuntas. Lantas siapa yang akan menyusul?

Hasil imbang 1-1 kontra Lens pada Minggu, 24 April kemarin, sudah cukup bagi PSG untuk menyegel gelar Ligue 1. Hingga pekan ke-34, PSG sudah mengoleksi 78 poin.

Torehan itu sudah tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat mereka, Olympique Marseille, yang terpaut 16 poin, dengan empat laga tersisa.

"Saya pikir ini sangat penting untuk menambah gelar buat klub. Kami sangat senang dan butuh memberikan nilai ke gelar ini," kata pelatih PSG, Mauricio Pochettino.

Di Bundesliga, kemenangan 3-1 atas Borussia Dortmund pada Sabtu, 23 April, memastikan Bayern Munchen menjadi juara liga. Tambahan tiga poin itu memantapkan posisi mereka di puncak dengan 75 poin.

Bayern pun unggul 12 poin dari Dortmund yang menempati posisi kedua. Dengan tiga laga sisa, tak mungkin Dortmund menyalip rival abadinya itu.

"Kami mampu melepaskan sebagian beban di dada. Sekarang ini luar biasa," kata Thomas Muller.

Jika Bundesliga dan Ligue 1 sudah mempunyai pemenang, tidak demikian dengan La Liga Spanyol, Premier League Inggris, dan Serie A Italia.

Di La Liga, Real Madrid kemungkinan besar menjadi juara dalam waktu dekat. Saat ini, pasukan Carlo Ancelotti memimpin klasemen dengan 78 poin, unggul 15 poin dari Barcelona dan Sevilla yang ada di posisi kedua serta ketiga.

Dengan lima laga tersisa, segala kemungkinan memang masih bisa terjadi. Namun, peluang lebih besar tentunya dimiliki Real Madrid karena hanya butuh satu kemenangan lagi.

Sementara di Premier League dan Serie A, persaingan sangat panas. Di Inggris, Manchester City bersaing ketat dengan Liverpool. Sedangkan di Italia, AC Milan berduel sengit dengan saudara sekota, Inter Milan.

Diyakini, pertarungan di dua liga domestik ini bakal ditentukan hingga laga terakhir.