Allegri tentang Seni Manajemen yang Dibunuh Teknologi
Massimiliano Allegri (Twitter @OfficialAllegri)

Bagikan:

JAKARTA - Massimiliano Allegri mengklaim, teknologi membunuh seni manajemen sepak bola. Kata mantan pelatih Juventus, jika semua orang menggunakan mesin dalam semua hal, kita tidak lagi memiliki pemain yang berpikir.

Dalam wawancara ​​dengan James Horncastle untuk ESPN, Allegri mengungkap bagaimana ia bahkan tidak memiliki laptop dan mengeluhkan para pelatih yang semakin mengandalkan data elektronik.

"Dalam ketidaktahuan saya, saya bahkan tidak punya komputer," kata pria yang akrab disapa Max Allegri. Melansir Football Italia, Jumat, 20 Desember.

“Saya punya iPad yang diberikan Juventus kepada saya. Saya menonton pertandingan, mengambil beberapa statistik. Untungnya saya memiliki memori yang baik dan saya bisa mengingat apa yang terjadi dalam pertandingan," lanjut dia.

Seorang pelatih, kata Allegri, harus berada di pinggir lapangan. Dia harus bernafas dalam permainan, dia harus mengerti kapan saatnya untuk membuat pergantian pemain atau memasukan pemain terbaiknya karena tim membutuhkan pemain yang berbeda.

“Persepsinya berbeda dari pinggir lapangan. Mereka menjadikan sepak bola sebagai ilmu pasti. Jika itu masalahnya, pelatih mungkin juga pergi ke bioskop."

Kemudian dia diberi tahu bahwa Serie A memberikan setiap staf klub sebuah iPad yang sudah dilengkapi aplikasi Virtual Coach ...

"Jika para pemain terbiasa melewati pintu itu dan pintunya terkunci, mereka akhirnya akan membenturkan kepalanya ke sana. Jika para pemain terbiasa berpikir sendiri, mereka akan mencoba mencari jalan keluar lain."

Allegri dikenal karena pendekatannya yang lepas kepada para pemain kreatif Juve, dan ia berpendapat bahwa itu adalah cara terbaik.

“Ketika bola mencapai [Cristiano] Ronaldo-mu, [Paulo] Dybala, Ronaldinho, [Clarence] Seedorf atau [Andrea] Pirlo ... Saya harus menempatkan pemain lain dalam posisi untuk mendapatkan bola kepada mereka, dan sekali mereka memiliki bola yang mereka putuskan apa yang harus dilakukan dengannya, apa keputusan terbaiknya."

Allegri kembali melanjutkan. Di Italia, taktik dan skema permainan sepak bola, semuanya dibangun. Sepak bola adalah seni dan para seniman adalah pemain kelas dunia. Kita tidak perlu mengajari mereka apa pun, kita hanya mengagumi mereka. Yang perlu kita lakukan adalah menempatkan mereka dalam kondisi terbaik untuk melakukannya dengan baik.

“Saya suka ketika saya melihat pemain hebat melakukan sesuatu yang luar biasa. Di bangku, saya adalah penonton yang menonton pertunjukan seseorang, dan seseorang itu adalah seorang pemain."