Bagikan:

JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Maret lalu resmi meluncurkan Gear Ultima 125 Hybrid, yang mendapatkan segudang pembaruan, baik dari sisi desain, fitur hingga area jantung pacunya. 

Kali ini, Tim VOI diberi kesempatan Yamaha menjajal langsung motor satu ini di kawasan Bali, dan motor yang dicoba langsung ini merupakan varian hybrid dengan warna dull blue. Sebelum membahas lebih detail rasa berkendara motor satu ini, mari membahas sedikit detail lainnya.

Desain 

Secara desain, Gear Ultima 125 hybrid terlihat kompak. Bagian depan terdapat lampu sein yang pengaplikasiannya cukup unik. Lampu depan juga terlihat sporty apalagi sudah serba LED. Motor ini dilengkapi dengan lampu utama seperti bertumpuk, dan lampu sein ada di area bawah yang menyatu dengan fairing. Pada bagian belakang, motor satu ini juga terlihat lebih modern berkat kehadiran tambahan handle besi yang sangat fungsional, apalagi bisa disematkan box eksternal untuk menunjang kapasitas penyimpanan lebih. 

Rasa berkendara

Perjalanan dimulai dari Denpasar menuju Ubud, saat itu tim Yamaha memberikan tantangan para media untuk memanfaatkan ruang luas yang dihadirkan dari Yamaha Gear Ultima. Buktinya, dengan barang yang cukup banyak bagasinya proper untuk menampung, dan juga bagian dek yang luas juga masih memberikan kenyamanan kaki meski banyak barang yang dibawa.

Ruang kaki yang didesain lebih lega dan dilengkapi dengan gantungan ganda memberikan keleluasaan kepada para pengendara untuk membawa barang bawaan. Motor ini semakin bisa diandalkan oleh para penggunanya karena memiliki jok yang lebih luas dan lega sehingga nyaman untuk berboncengan dan membawa barang.

Dari Ubud, menuju Kintamani yang mana jalannya cukup menantang. Selama perjalanan, melewati area yang cukup padat tapi motor satu ini sangat fleksibel bisa diajak menyalip. Menuju dataran tinggi Kintamani, jalan berkelok hingga menanjak menghiasi perjalanan kami menggunakan Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid. 

Ketika diajak berkelok motor ini juga masih tergolong nyaman, suspensinya juga cukup dewasa. Ketika diajak menanjak tenaganya juga tergolong halus berkat mesin baru yang disematkan. Perjalanan lalu kembali ke tempat utama, dengan suasana jalan yang cukup padat. Sebagai catatan, total jarak tempuh yang dihabiskan dalam test ini sejauh kurang lebih 125 km. 

Mesin 

Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid menggunakan mesin BlueCore 'Hybrid' dengan kapasitas 125cc dan pendingin udara. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW dan torsi 10,6 Nm. Di atas kertas, tenaga Gear Ultima lebih kecil dibandingkan Gear sebelumnya. Namun, torsinya jauh lebih besar. Sebagai gambaran, Gear generasi pertama punya tenaga 7 kW dan torsi 9,5 Nm. Karena motor ini memiliki Hybrid Power Assist yang membantu akselerasi awal di 3 detik pertama.

Fitur

Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid juga dibekali dengan fitur baru. Ya, produsen asal Jepang ini sudah melengkapi motor tersebut dengan start stop system atau SSS, soket pengisian daya ponsel, gantungan ganda, pencahayaan full LED, dan handle belakang tambahan. Khusus untuk varian tertinggi, ada panel instrumen digital, answer back system lampu hazard dan konektivitas Y-Connect. Menariknya, dengan konektivitas lebih ini pengguna bisa menghubungkan motor dengan perangkat ponsel, jadi bisa memantau kendaraan secara realtime, dan bisa melihat notifikasi pada smartphone.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid bisa menjadi motor andalan untuk menemani rutinitas sehari-hari. Apalagi, memiliki banyak keunggulan seperti mesin baru, desain, hingga kenyamanan tingkat tinggi.