Bagikan:

JAKARTA - India telah menjadi basis bagi banyak perusahaan rintisan kendaraan listrik roda dua, dengan fokus utamanya pada skuter dan sepeda motor listrik ringan hingga menengah.

Namun, Oben Electric, sebagai pemain baru dari India, memiliki fokus yang berbeda dengan menggarap segmen sepeda motor listrik performa tinggi. Mereka berusaha keras untuk menghadirkan sensasi dan pengalaman layaknya sepeda motor konvensional pada produknya.

Pada tahun lalu, Oben Electric telah memperkenalkan konsep sepeda motor mereka yang diberi nama Rorr. Kabar terbaru dari InsideEvs, tanggal 4 Juli, mengungkapkan bahwa Oben Electric akan memulai pengiriman batch pertama sepeda motor listrik Oben Rorr. Para pelanggan yang sudah tidak sabar akan segera mendapatkan sepeda motor listrik sporty mereka pada minggu-minggu awal Juli.

Sebelum mengumumkan pengiriman Rorr, Oben juga meresmikan pusat pengalaman baru di Bangalore. Selain membuka showroom yang menampilkan produk terbaru, produsen sepeda motor listrik ini telah membuka banyak diler untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang teknologi kendaraan listrik kepada calon pelanggan.

3

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 21.000 pemesanan awal untuk sepeda motor Oben ini. Tingginya minat pembeli terhadap sepeda motor listrik sporty ini memang menarik untuk dibahas. Rorr dilengkapi dengan motor listrik IPMSM 10 kilowatt yang dikembangkan secara in-house. Dengan daya keluaran nominal sebesar 13,4 dk, Rorr dapat melesat dari nol hingga 40 km/jam hanya dalam tiga detik. Kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 104 km/jam.

Selain itu, Oben Electric juga dengan bangga mengumumkan bahwa Rorr memiliki kandungan tingkat lokal yang tinggi, yaitu sebesar 95 persen. Ini berarti 95 persen dari semua komponen yang ada dalam Rorr berasal dari India, dengan sebagian besar komponen tersebut dikembangkan secara in-house. Sebagai contoh, baterainya menggunakan unit Lithium Iron Phosphate (LFP), yang merupakan baterai yang dikembangkan pertama kali oleh Oben Electric. Dibandingkan dengan paket baterai lithium-ion standar, baterai LFP menawarkan lebih banyak siklus pengisian ulang, ketahanan panas yang lebih baik, dan kemampuan pengisian cepat yang lebih unggul.

Menurut klaim Oben, baterai ini hanya membutuhkan waktu dua jam untuk pengisian penuh. Rorr dijual dengan harga 149.999 rupee atau sekitar Rp27 jutaan, menjadikannya penawaran menarik di pasar sepeda motor listrik India yang sedang berkembang.